Seberapa Akurat Gambaran Korea Utara dalam Crash Landing on You?

Seberapa Akurat Gambaran Korea Utara dalam <i>Crash Landing on You</i>?

Crash Landing on You (CJnDrama)

Bagikan:

JAKARTA - Minggu ini drama Korea Crash Landing on You memasuki dua episode terakhir. Kisah cinta antara Ri Jeong Hyeok (Hyun Bin) yang berasal dari Korea Utara dan Yoon Se-ri (Son Ye Jin) dari Korea Selatan masih menjadi pertanyaan meskipun drama ini akan berakhir.

Pada penayangan episode 14 pekan lalu, Yoon Se-ri masih dirawat di rumah sakit setelah ditembak oleh Cho Chul Kang (Oh Man Seok). Posisi menegangkan juga dialami Jeong Hyeok saat ia mencoba menembak Chul Kang tetapi ia ternyata dijebak.

Meskipun di dunia nyata hubungan antara Korea Selatan dan Korea Utara tidak kondusif, tetapi - dalam drama Crash Landing on You - kisah cinta Jeong Hyeok dan Yoon Se-ri dikemas menjadi tontonan yang menarik.

Dua penyintas Korea Utara yang menjadi YouTuber; Han Songyi dan Kang Nara membagikan pendapat mereka tentang penggambaran Korea Utara dalam Crash Landing on You. Bahkan, Kang Nara menjadi konsultan drama ini untuk membantu staf produksi agar lebih detail lagi.

Pelafalan Karakter Orang Korea Utara

Bintang utama Crash Landing on You, Hyun Bin memerankan Ri Jeong Hyeok, tentara dari Korea Utara. Menurut Nara, pelafalan Hyun Bin dalam drama ini sangat mirip dengan orang-orang Korea Utara. Sebelumnya, Hyun Bin pernah memerankan seorang detektif Korea Utara dalam film Confidential Assignment sehingga Hyun Bin sudah terbiasa dalam melafalkan aksen Korea Utara.

Han Songyi mengatakan tidak ada tentara Korea Utara seganteng Hyun Bin seperti dalam drama tersebut. Kabarnya orang yang ganteng itu kira-kira mirip seperti Jun Hyun Mo. Namun, anak-anak muda di Korea Utara menyukai tipe seperti Lee Min Ho, Hyun Bin, dan Kwon Sang-woo. Orang Korea Utara tidak menggunakan kata cantik untuk perempuan tetapi hanya fair atau not fair.

Kehidupan Sehari-hari di Korea Utara

Banyak penonton yang penasaran apakah kehidupan di Korea Utara sering dilalui tanpa listrik. Jawabannya, benar. Bahkan hal tersebut biasa terjadi. Begitu juga dengan kereta api yang berhenti mendadak. Terdapat adegan Jeong Hyeok dan Se-ri yang pergi ke Pyongyang dengan kereta untuk mengambil foto paspor, tiba-tiba kereta mereka berhenti karena listrik mati.

Songyi mengatakan, biasanya butuh waktu sepekan untuk pergi ke Pyongyang dari provinsi sedangkan untuk pulau ke pulau membutuhkan waktu dua pekan.

Selain itu, dalam Crash Landing on You terdapat adegan di mana sebuah rumah diinspeksi mendadak. Hal tersebut benar terjadi jika Anda tinggal di Korea Utara. Inspeksi dilakukan untuk melihat jika seseorang menyembunyikan kimchi atau orang asing. Maka itu ada istilah 숙박검열 (Sukbapgeomyeol) atau sensor akomodasi yaitu menjaga orang asing untuk kabur ke sungai dan menghindari inspeksi yang dilakukan setiap hari. Jika orang asing ditemukan di dalam rumah, maka orang tersebut harus diinvestigasi. Kalian mungkin ingat ketika Se-ri sampai di Korea Utara, ia harus selalu bersembunyi ketika ada inspeksi mendadak.

Di Korea Utara, siapa pun tidak boleh menonton drama korea. Jika ketahuan, maka ada hukuman di penjara yang siap menunggu. Kebanyakan hukuman tersebut berupa hukuman mati tetapi jika orang tersebut memiliki uang, ia bisa dipenjara untuk 5-10 tahun saja.

Songyi mengatakan, orang Korea Utara suka menonton drama korea diam-diam. Dirinya mengakui menjadi penggemar G-Dragon dan Lee Min Ho melalui konten yang ia lihat saat di Korea Utara.

Nara menjelaskan, dalam drama Crash Landing on You, para tentara memakai lencana bergambar presiden mereka setiap saat sedangkan masyarakat biasa tidak memakainya. Ternyata ini salah karena semua masyarakat Korea Utara wajib memakai lencana tersebut di sisi kiri pakaian yang dikenakan.

Minuman Alkohol dan Gaya Berpakaian

Dalam episode 4, para anggota Jeong Hyeok dan Se-ri minum (소주) soju dan kerang di luar rumah. Faktanya, minuman beralkohol biasanya dibuat oleh pemilik rumah dan bercampur dengan beberapa bahan seperti jagung dan blueberry. Mereka juga tidak biasa mencampur minuman dengan kerang. Setelah membuat soju sendiri, mereka biasanya menjual di pasar meskipun dilarang oleh pemerintah.

Gaya berpakaian masyarakat Korea Utara dideskripsikan dengan baik dalam Crash Landing on You. Salah satunya oleh karakter Ma Young Ae (Kim Jung-Nan). Namun, orang Korea Utara tidak diperbolehkan memiliki rambut panjang atau rambut perm.

Sementara itu, Han Songyi dan Kang Nara mengatakan drama Crash Landing on You cukup detail membuat production design terlihat mirip dengan keadaan Korea Utara.

Drama ini akan menayangkan dua episode terakhirnya pada 14 dan 15 Februari 2020. Setelah tamat, drama ini akan digantikan oleh Hi Bye Mama mulai 22 Februari 2020.

 

Tag: K-Drama