أنشرها:

JAKARTA - Borussia Dortmund mendapat modal berharga sebelum menghadapi Real Madrid di Liga Champions. Hanya saja Dortmund sempat kesulitan saat mengalahkan tim promosi St Pauli 2-1 dalam laga Bundesliga Jerman di Stadion Signal Iduna Park, Sabtu, 19 Oktober 2024 dini hari WIB.

Dortmund bakal bertemu juara bertahan Liga Champios Real Madrid di Santiago Bernabeu, Rabu, 24 Oktober 2024 dini hari WIB. Duel ini merupakan ulangan final Liga Champions 2024. Saat itu, Dortmund harus mengakui keunggulan Madrid 2-0 yang kemudian tampil sebagai juara.

Kini, Dortmund mendapat kesempatan menuntaskan dendam kekalahan saat kedua tim kembali bertemu di penyisihan Liga Champions. Tak hanya itu Dortmund berharap mempertahankan posisinya di puncak klasemen sekaligus menghambat laju Madrid yang masih berkutat di papan bawah. Madrid sendiri baru sekali menang dari dua laga awal sehingga tertahan di peringkat 17.

Musim ini, Liga Champions memakai format berbeda. Dengan satu klasemen saja, hanya delapan tim teratas yang lolos ke babak selanjutnya. Sedangkan peringkat 9 hingga 24 harus melakoni play-off.

Sebelum melawan Madrid, Dortmund melakoni pemanasan dengan hasil yang memuaskan. Hanya, penampilan tim sedikit mengkhawatirkan pelatih Nuri Sahin. Pasalnya Dortmund masih mengalami kesulitan saat mendapat tekanan. Apalagi pada laga sebelumnya, Dortmund harus mengakui keunggulan Union Berlin 2-1.

Kekalahan itu yang menjadikan posisi Dortmund melorot. Beruntung, Die Borussen berhasil bangkit untuk mempertahankan rekor 100% menang di laga home musim ini.

Mereka juga memperbaiki peringkat di klasemen Bundesliga. Kini, Dortmund naik ke peringkat empat dengan poin 13. Sama dengan Eintracht Frankfurt yang menduduki peringkat tiga karena Dortmund masih kalah selisih gol.

Mereka bersaing dengan Bayern Munchen dan RB Leipzig yang bertengger di peringkat pertama dan kedua. Baik Bayern maupun Leipzig sama-sama mengantungi 14 poin. Namun Bayern memiliki keunggulan selisih gol.

Sementara, St Pauli masih berada di papan bawah. Bahkan mereka menempati zona play-off degradasi dengan menduduki peringkat 16. Bila gagal, St Pauli bakal kembali ke Liga 2 kompetisi domestik musim depan.

"Kami berusaha tetap tenang di babak pertama. Kami tahu kami butuh waktu untuk menciptakan ruang agar bisa mencetak gol," kata Sahin menanggapi pertandingan yang tidak mudah itu.

"Kami memang mengalami kesulitan karena tidak segera memenangkan laga dengan mencetak gol kedua. Apalagi kami kemudian kemasukan gol yang luar biasa," ucapnya.

"Namun pemain tetap fokus dan akhirnya bisa mencetak gol kedua. Ini kemenangan penting. Kami selalu menang selama empat pertandingan home dan menjaga persaingan dengan pemuncak klasemen," kata Sahin lagi

Lebih lanjut, Sahin, menuturkan bila kemenangan ini menjadi modal penting Dortmund menghadapi Madrid di Liga Champions.

"Kini, kami harus melakukan recovery. Senin, kami kembali menjalani latihan sebagai persiapan menghadapi Madrid," ucapnya.

Di laga melawan St Pauli, Dortmund sesungguhnya mendominasi sejak menit pertama. Mereka langsung memberi tekanan terhadap pertahanan lawan.

Namun Dortmund malah kecolongan lebih dulu saat Morgan Guilavogui mencetak gol di menit 30. Beruntung, wasit membatalkan gol it setelah meninjaunya lewat VAR karena offside.

Dortmund sendiri baru bisa memecah kebuntuan setelah Ramy Bensebaini mencetak gol menjelang akhir babak pertama. Sundulan Bensebaini membawa Dortmund unggul 1-0 saat turun minum.

Di babak kedua, Dortmund masih tetap menguasai permainan. Bahkan tuan rumah berpeluang menambah gol lewat Julian Brandt dan Donyell Malen. Hanya saja, mereka gagal mengonversi dua peluang untuk memperbesar keunggulan.

Sebaliknya, St Pauli justru berhasil menyamakan skor menjadi 1-1. Di menit 78, tendangan jarak jauh Eric Smith sukses membobol gawang Dortmund.

Dortmund akhirnya kembali unggul setelah pemain depan Serhou Guirassy mencetak gol yang menentukan kemenangan di menit 83.

Sundulannya yang menyambut umpan silang Jamie Bynoe-Gittens menjadikan Guirassy mencetak gol keempat di Dortmund musim ini. Skor berubah 2-1 untuk Dortmund dan bertahan hingga akhir laga.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)