أنشرها:

JAKARTA - Timnas Indonesia menghadapi China pada laga keempat Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa, 15 Oktober 2024.

Skuad Garuda sudah tertinggal 0-2 pada babak pertama. Dua gol China dicetak oleh Baihelamu Abuduwaili (21') dan Zhang Yuning (44').

Kedua tim sudah bermain terbuka sejak awal. Hanya saja, baik China maupun Indonesia belum menciptakan peluang berarti pada 15 menit awal.

Dragon Team akhirnya bisa memanfaatkan peluang pada menit ke-21. Baihelamu Abduduwaili dalam ruang terbuka melepas tembakan yang gagal dihalau Maarten Paes.

Tertinggal satu gol membuat pemain Indonesia berusaha bangkit dan melakukan ancaman. Beberapa kali Skuad Garuda merepotkan pertahanan China.

Hanya saja, anak didik Shin Tae-yong belum mendapat kans emas untuk menyamakan kedudukan hingga setengah jam laga berjalan.

Pada pengujung laga, Indonesia malah kembali kecolongan. Shayne Pattynama membuat blunder setelah bola di dalam kotak penalti dicuri Zhunyi Gao.

Gao kemudian memberikan operan kepada Zhang Yuning yang ada di muka gawang Paes. Dengan mudah Yuning langsung menyontek bola untuk membuat skor menjadi 2-0.

Hingga turun minum, tak ada lagi tambahan gol. China unggul sementara 2-0 atas Indonesia.

Pada paruh kedua, Indonesia mulai mengurung pertahanan China sejak awal. Hanya saja, solidnya pertahanan tuan rumah membuat Skuad Garuda sulit menembus kotak penalti.

Hingga sejam laga berjalan, sejumlah peluang dari sepak pojok maupun tendangan dari luar kotak penalti tak ada yang berbuah hasil.

China sebetulnya tak tinggal diam. Mereka mencoba menekan melalui serangan balik, tapi selalu kandas sebelum masuk sepertiga daerah Indonesia.

Pada 15 menit tersisa, Skuad Garuda mulai bisa menembus kotak penalti China. Nathan Tjoe-A-On mendapat peluang pada menit ke-80 saat dia berada di tiang kedua.

Nathan menerima umpan silang dari Thom Haye, tapi terlalu terburu-buru untuk melepas tembakan voli. Padahal, posisinya tidak terkawal. Peluang itu pun hanya berujung tendangan gawang.

Akhirnya, gol yang dinanti pun tiba pada menit ke-86. Bermula dari lemparan ke dalam dari Pratama Arhan, bek China sempat menyapu bola.

Namun, bola malah berujung dalam penguasaan Thom Haye yang langsung melepas tembakan untuk membuka keran gol Indonesia.

Skor 1-2 itu membuat Timnas Indonesia kian bersemangat menekan untuk mencari gol penyama kedudukan pada empat menit waktu normal tersisa.

Memasuki injury time, gempuran Indonesia hampir berbuah gol. Umpan silang Arhan dari sisi kanan penyerangan langsung mengarah ke tiang jauh. Sayang, Calvin Verdonk terlambat menyambut bola.

Hingga wasit Omar Al Ali meniup peluit panjang, Indonesia gagal menyamakan kedudukan. Skuad Garuda mengalami kekalahan perdana usai laga berakhir 1-2.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)