أنشرها:

JAKARTA - Debut gemilang penyerang Joshua Zirkzee yang membawa Manchester United memetik hasil memuaskan saat mengawali Premier League Inggris. Di laga perdana yang digelar di kandang sendiri di Stadion Old Trafford, Sabtu, 17 Agustus 2024 dini hari WIB, MU menang 1-0 atas Fulham.

Pembelian tak sia-sia MU. Zirkzee, pemain yang didatangkan dari Bologna saat tengah memperkuat Belanda di Euro 2024 memberi hasil positif bagi MU di laga perdana Liga Premier.

Saat MU mengalami kesulitan dan frustrasi karena kesulitan menembus pertahanan kokoh Fulham, dirinya tampil sebagai penyelamat tim. Penyerang berusia 23 yang masuk sebagai pemain pengganti ini memecah kebuntuan The Red Devils.

Kemenangan satu gol atas Fulham sudah menjadi awal yang manis bagi MU. Mereka meraih tiga poin perdana yang menjadikan pasukan Erik ten Hag melewati hadangan pertama dengan hasil meyakinkan.

Di laga itu, hanya full back Noussair Mazraoui yang melakukan debut sejak menit pertama. Sementara, Matthijs de Ligt baru turun selama 10 menit terakhir saat menggantikan Mazraoui. Ten Hag justru menurunkan bek senior Harry Maguire yang baru pulih dari cedera untuk berduet dengan Lisandro Martinez di jantung pertahanan.

Zirkzee sendiri baru diturunkan di babak kedua. Namun dirinya menunjukkan memang sudah siap bertarung di Liga Premier. Zirkzee dinilai melakukan debut lebih baik ketimbang Rasmus Hojlund yang menunggu berbulan-bulan sebelum mencetak gol pertama bagi MU.

Sebaliknya, Ten Hag masih belum yakin dengan kemampuan Zirkzee. Terbukti, pria asal Belanda ini memilih taktik false 9 dengan menempatkan kapten Bruno Fernandes sebagai centre forward ketimbang menjadikan Zirkzee sebagai starter. Taktik sama yang diterapkan Ten Hag saat menghadapi Manchester City di Community Shield.

Hasilnya, MU malah kesulitan membobol gawang lawan. Di laga Community Shield, gol MU justru diciptakan Alejandro Garnacho yang baru masuk di babak kedua menggantikan Amad Diallo.

Situasi sama terjadi di laga melawan Fulham. Fernandes yang ditopang Marcus Rashford, Mason Mount dan Diallo pun kesulitan menghadapi barisan pertahanan The Cottagers.

Beruntung ada Zirkzee dan Garnacho yang sama-sama dimasukkan di menit 61. Pemain yang dibeli dengan harga 36,5 juta poundsterlng ini menggantikan Mount yang bermain di belakang striker. Sedangkan Garnacho kembali menggantikan Diallo.

Pergantian yang sangat tepat dari Ten Hag. Kolaborasi anak muda Zirkzee dan Garnacho yang membawa MU meraih kemenangan.

Setelah berkali-kali gagal, Zirkzee akhirnya sukses menaklukkan kiper Bernd Leno saat pertandingan memasuki menit-menit akhir waktu normal. Gol ini berawal dari serangan yang dibangun Garnacho.

Bintang muda timnas Argentina ini kemudian melepaskan umpan silang yang disambut Zirkzee. Tendangan voli dia yang menggunakan kaki kiri berhasil membobol gawang Fulham.

Skor berubah 1-0 untuk MU. Saat memasuki injury time, MU tetap melakukan tekanan. Namun usaha mereka tak membuahkan hasil. Keunggulan satu gol tersebut bertahan sampai akhir laga.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)