أنشرها:

JAKARTA - Juara Euro 2024, pemain Inggris bakal kian tajir. Mereka tidak hanya diguyur bonus yang tidak sedikit, tetapi gaji dan pendapatan Harry Kane dkk bakal melonjak drastis bila Inggris mengalahkan Spanyol dalam duel final di Stadion Olympic, Minggu atau Senin, 14 Juli 2024 dini hari WIB.

Manajer Gareth Southgate sudah mengantungi sebagian bonus usai membawa Inggris ke final Euro 2024. Southgate bakal menerima bonus sebesar 4 juta poundsterling atau sekira 83 miliar rupiah. Saat ini dia sudah mendapatkan bonus 2 juta poundsterling.

Pemain sendiri pun bakal diguyur bonus bila juara Eropa untuk kali pertama. Mereka akan mengantungi bonus total 14 juta poundsterling atau 293 miliar rupiah. Kane dan gelandang Jude Bellingham akan mendapatkan bonus paling besar di antara pemain lain.

Namun bukan bonus yang menjadi harapan pemain. Sebaliknya gaji dan endorsement pemain yang bakal naik berkali lipat bila mengalahkan Spanyol.

Bahkan ada pemain yang bakal mendapat pemasukan hingga 1 miliar poundsterling atau sekitar 20 triliun karena membawa Inggris menjadi juara.

"Bila juara Eropa, Inggris bakal menjadikan tim bernilai miliaran poundsterling. Artinya itu yang akan diterima pemain pada masa mendatang," kata Marcel Knobil, pakar brands perusahaan, kepada The Sun.

Menurut Marcel pemain seperti Bellingham bakal meraup banyak pemasukan bila Inggris juara. Dirinya memprediksi kekayaan pemain Real Madrid itu akan melampaui legenda The Three Lions, David Beckahm.

Saat itu, Beckham yang juga eks pemain Real Madrid setelah meninggalkan Manchester United memiliki kekayaan 400 juta poundsterling atau 8,3 triliun rupiah. Namun Bellingham bakal menggeser Beckham sebagai pesepak bola terkaya di Inggris.

"Jude punya peluang untuk menggeser Beckham yang memiliki kekayaan 372 juta poundsterling saat menutup kariernya," kata Marcel.

"Paling tidak, dia bakal menerima pemasukan 50 juta poundsterling setiap tahun dari Madrid. Selain dari gaji, dia mendapatkannya dari sponsor dan endorsement. Nilainya bisa ratusan juta poundsterling," ucapnya.

Hanya saja, Bellingham harus mengikuti jejak Beckham yang memiliki karier panjang bersama klub-klub elite seperti Paris Saint-Germain, AC Milan dan LA Galaxy sebelum pensiun.

Di klub-klub itu, Beckham tetap mendapat gaji tinggi karena menjadi daya tarik. Selain itu, Beckham memiliki ketajaman bisnis sehingga bisa merambah sektor lain di luar sepak bola.

"Namun Jude memiliki kelebihan dengan bermain di klub besar di usia masih muda. Ini menjadikan dia bakal menyamai [Cristiano] Ronaldo. Dia memang memiliki segalanya," kata dia lagi.

Pemain lain pun sudah pasti kian tebal dompetnya. Kane, Bukayo Saka, Phil Foden dan bahkan Cole Palmer serta Kobbie Mainoo diprediksi bakal menerima pendapatan hingga 100 juta poundsterling.

Mereka juga bakal menerima status selebritas seperti para pemain yang membawa Inggris menjadi juara di Piala Dunia 1966.

Sedangkan utuk gaji pemain rata-rata bakal mengalami kenaikan sebesar 50 ribu poundsterling setiap pekan. Mainoo misalnya saat ini mengantungi gaji 20 ribu poundsterling setiap pekan setelah kontraknya diperbarui. Sebelumnya, dia hanya mendapat gaji 10 ribu poundsterling.

Bila membawa Inggris juara, gaji Mainoo bakal naik hingga 70 ribu poundsterling. Dan dirinya bakal menjadi pemain bergaji 1,4 triliun setiap pekan saat usianya belum genap 20 tahun.

Namun pemain Inggris sepertinya tak fokus pada bonus dan kenaikan gaji. Mereka hanya berusaha bagaimana Inggris bisa juara. Ini terlihat dari suasana hotel yang menjadi markas tim Inggris.

"Suasana tampak tenang. Tim-tim lain mungkin bakal membuat hotel tempat mereka menginap menjadi gaduh dan ramai," kata sumber The Sun.

"Tetapi itu memang gaya dari Southgate. Dia tetap membuat pemain tetap tenang dan fokus karena target sudah kian dekat. Pemain juga tampak rileks. Mereka kebanyakan bersantai dengan sepeda gunung dan bermain golf," ucap dia lagi.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)