أنشرها:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-16 berhasil menyegel gelar juara ketiga di ajang Piala AFF U-16 2024. Menghadapi Vietnam, tim asuhan Nova Arianto menang telak dengan skor 5-0 dari Vietnam.

Skuad Garuda Muda yang tampil sebagai tuan rumah terlihat cukup percaya diri. Tampil di Stadion Manahan, Solo pada Rabu, 3 Juli sore, anak asuh Nova Arianto langsung menekan pergerakan Vietnam di awal laga.

Terlihat dari pergerakan sebelum laga memasuki satu menit, Skuad Garuda Muda sudah menggebrak dengan serangan yang kemudian melahirkan sepak pojok.

Satu menit berjalan, peluang emas didapat timnas Indonesia U-16 lewat tendangan salto dari Andi Faith Jamaludin. Meneruskan umpan dari Rachman, sayang upaya ini masih belum berbuah manis.

Ancaman di laga yang berlangsung di waktu dini itu membuat pergerakan pasukan Vietnam kalang kabut. Anak asuh Tran Minh Chien berupaya menutup ruang sembari menekan jauh ke pertahanan tuan rumah.

Jual beli serangan terjadi hingga pertengahan laga yang belum juga menghasilkan gol bagi kedua tim. Pada menit ke-35 peluang lagi-lagi ada di pihak tuan rumah.

Pada momen ini, Fabio Azkairawan melepaskan lemparan ke dalam jarak jauh ala Pratama Arhan dan lahirkan kemelut di muka gawang Vietnam. Namun para pemain Indonesia yang berjaga di depan mistar masih belum bisa memanfaatkan kemelut itu untuk mencetak gol.

Di menit-menit akhir waktu normal, kebuntuan Skuad Garuda Muda akhirnya pecah. Pada menit ke-45 skor unggul 1-0 lewat gol Zahaby Gholy usai meneruskan umpan terobosan Fandi Ahmad.

Wasit kemudian menambah durasi selama tiga menit. Saat menit memasuki 45+2, Tristan Raissa Ibrahim mendapatkan kartu kuning usai melanggar pemain Vietnam saat situasi serangan balik.

Namun satu menit berselang, timnas Indonesia U-16 kembali menunjukan kekuatan. Tim asuhan Nova Arianto menggandakan gol menjadi 2-0 lewat eksekusi Dafa Zaidan El Fikri usai meneruskan assist Josh Holong yang sekaligus menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, permainan semakin panas lantaran Vietnam juga semakin berambisi memecah kebuntuan. Pada menit ke-48 giliran Vietnam yang mendapatkan peluang, kali ini lewat tembakan Nguyen Van Bach yang ternyata masih bisa dihalau Dafa Al Gasemi Setiawarman.

Sepanjang babak kedua, penampilan timnas Indonesia begitu meyakinkan. Tak tanggung-tanggung tim asuhan Nova Arianto menambah tiga gol untuk kemudian memimpin menjadi 5-0.

Tiga gol di babak kedua yang semakin memperlebar jarak dari kejaran Vietnam itu disumbang oleh Daniel Alfrido (75’), ditambah Zahaby Gholy (78’) yang merupakan bracenya di laga ini dan disempurnakan oleh Daniel Alfrido (87’) yang juga jadi torehan brace-nya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)