أنشرها:

JAKARTA - Inggris sedikit diunggulkan saat menghadapi Slovakia di babak 16 besar Euro 2024 di Stadion Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Minggu, 30 Juni 2024 malam WIB. Laga ini menjadi pembuktian Inggris setelah mendapat cemooh dari fans sendiri karena performa tak meyakinkan tim asuhan Gareth Southgate.

Southgate tak melakukan banyak perubahan pada starting eleven di laga krusia itu. Gelandang Phil Foden yang sempat pulang ke Inggris karena kelahiran anak ketiganya sudah kembali bergabung untuk menjalani latihan terakhir bersama timnas.

Pemain Manchester City ini bakal menjadi starter di laga tersebut. Bersama Bukayo Saka, dirinya menopang striker Harry Kane.

Southgate hanya melakukan perubahan dengan memainkan gelandang muda Manchester United Kobbie Mainoo yang menggantikan Conor Gallagher.

Penampilan Mainoo yang kian ciamik meski diturunkan sebagai pemain pengganti menjadikan Southgate memberi kesempatan gelandang bertahan 19 tahun ini sebagai starter. Mainoo bakal bahu-membahu dengan Declan Rice.

Sementara di depan mereka ada Jude Belingham yang diharapkan bisa menjadi pendobrak pertahanan Slovakia yang digalang bek sarat pengalaman Paris Saint Germain Milan Skriniar.

Di lini belakang duo bek senior Kyle Walker dan Kieran Trippier ditambah John Stones menjadi andalan untuk mengawal kiper Jordan Pickford.

Dengan mengandalkan komposisi pemain yang tidak banyak berubah, Southgate berharap The Three Lions menunjukkan kapasitas sebagai tim yang layak menjadi salah satu unggulan.

Apalagi sebelumnya Inggris memang tampil tak menyakinkan. Buntutnya. mereka malah mendapat cemooh dari fans sendiri karena bermain di bawah performa selama penyisihan grup.

Mereka hanya menang sekali lawan Serbia dan hanya mampu bermain imbang saat menghadapi Denmark dan Slovenia.

Meski tampil sebagai juara grup dan lolos ke fase gugur, namun penampilan buruk Inggris menjadikan mereka mendapat sasaran cemooh dari suporter sendiri.

Southgate mengakui Slovakia bukan lawan enteng bagi Inggris. "Mereka bisa melakukan tekanan dengan sangat tinggi. Mereka juga tim yang kompetitif. Ini akan menjadi ujian terberat kami," ucap Southgate.

Sementara, Slovakia bakal fokus pada pertahanan. Pelatih Francesco Calzona mengantisipasi lini depan Inggris yang sesungguhnya sangat berbahaya bila mereka berada dalam performa terbaik. Tidak hanya Kane yang menjadi ujung tombak tetapi juga Bellingham dan Saka.

"Pertahanan bakal sangat penting. Kami akan mengawalinya dengan bertahan. Tetapi kami tidak hanya fokus pada pertahanan. Bila itu yang terjadi, mereka cepat atau lambat bakal mencetak gol. Jadi kami harus bermain ofensif. Kami adalah tim yang bisa bermain bola dan tahu apa yang kami inginkan," kata Skriniar.

Kiper Martin Dubravka yang bermain di Newcastle United bakal bertemu pemain yang sudah sering dihadapinya di Premier League Inggris. Dirinya akan dibentengi Skriniar.

Gelandang Stanislav Lobotka menjadi tumpuan di sektor tengah. Dia akan bahu-membahu dengan Ondrej Duda dan Juraj Kucka. Sedangkan tiga di depan ada Lukas Haraslin yang bekerjasama dengan striker Robert Bozenik dan Ivan Schranz.

Prakiraan Susunan Pemain

Inggris (4-2-3-1): Pickford; Walker, Stones, Guehi, Trippier; Mainoo, Rice; Saka, Bellingham, Foden; Kane

Slovakia (4-3-3): Dubravka; Pekarik, Vavro, Skriniar, Hancko; Kucka, Lobotka, Duda; Schranz, Bozenik, Haraslin


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)