أنشرها:

JAKARTA - Kiper Wojciech Szczesny bakal mengakhiri masa tugas setelah tujuh tahun bermain di Juventus. Szczesny pindah ke Arab Saudi untuk bergabung dengan Cristiano Ronaldo di Al Nassr.

Szczesny sesungguhnya belum ingin meninggalkan Juve. Apalagi kontraknya masih satu tahun lagi di Bianconeri. Hanya klub berpikir lain. Juve memiliki rancangan sendiri terkait kiper dan bakal melengserkan Szczesny.

Meski sudah lama bermain di Juve dan menjadikannya sebagai salah satu pemain senior, klub diprediksi tidak akan mempertahankan kiper berusia 34 ini. Bila tidak melegonya, Szczesny tampaknya bakal dibangkucadangkan atau menjadi kiper pelapis.

Pasalnya, Juve sudah merekrut kiper Michele Di Gregorio dari Monza. Meski hanya meminjam Di Gregorio, namun Juve harus menggelontorkan dana tidak kurang 4 juta euro untuk peminjaman kiper berusia 25 ini.

Selain itu Juve memiliki opsi membeli Di Gregorio pada musim berikutnya dengan harga 16 juta euro.

Dengan kedatangan eks kiper Inter Milan, Szczesny memilih untuk hengkang. Dirinya pun pindah ke Arab Saudi untuk bersatu kembali dengan Ronaldo di Al Nassr.

Sebelumnya, kiper timnas Polandia ini menepis kemungkinan pindah ke Arab Saudi. Namun, Szczesny malah sudah menandatangani kontrak yang berdurasi dua tahun.

Tak hanya itu, eks kiper Arsenal tersebut bakal menerima gaji yang sangat tinggi, yaitu 19 juta euro atau 334 miliar rupiah per tahun

Meski mendapatkan salah satu kper terbaik Eropa, namun Al Nassr dinilai kemahalan membeli Szczesny. Bagaimana tidak, Juve bisa melepas pemainnya dengan harga 40 juta euro.

Lagipula, kontrak Szczesny di Juve tinggal satu tahun lagi. Tak heran tawaran menggiurkan Al Nassr langsung disambar Juve.

Szczesny yang gagal membawa Polandia mengukir prestasi di Euro 2024 ini bergabung dengan Juve pada 2017. Juve tertarik dengan performa Szczesny yang saat itu dipinjam AS Roma dari Arsenal.

Szczesny, semula, menjadi pelapis Gianluigi Buffon. Hanya saja pada tahun berikutnya Buffon mengundurkan diri dari Juve. Szczesny pun menggantikan Buffon sebagai kiper pertama La Vecchia Signora.

Dia menjadi kiper asing kedua setelah Edwin van der Saar (Belanda) yang pernah berdiri di bawah mistar Juve.

Bersama klub elite Italia itu, dia memenangi Serie A Italia tiga kali. Szczesny juga membawa Juve meraih Coppa Italia tiga kali dan Supercoppa Italiana dua kali.

Di Euro 2024, gawang Szczesny sudah kebobolan lima kali selama dua laga melawan Belanda (2-1) dan Austria (3-1).

Kekalahan dari Austria sampai tiga gol termasuk mengejutkan. Apalagi kekalahan itu menjadikan Szczesny dkk langsung tersingkir.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)