Mengenal Boneka Labubu yang Diviralkan oleh Lisa Blackpink

YOGYAKARTA - Siapa yang tidak kenal dengan boneka berbulu imut bernama Labubu? Mari mengenal Boneka Labubu yang berhasil mencuri perhatian masyarakat dunia termasuk Indonesia ini.

Berkat keunikan desainnya dan dukungan dari para penggemar, terutama setelah digunakan oleh salah satu anggota Blackpink, Lisa, Labubu menjelma menjadi fenomena viral.

Mengenal Boneka Labubu

Boneka bernama Labubu diperkenalkan oleh Lisa Blackpink baru-baru ini. Dalam akun sosial medianya, Lisa terlihat dengan boneka Labubu yang besar serta rantai tas Labubu yang kecil.

Selain itu, rekan band Lisa yang bernama Rosé, juga terlihat dengan Labubu-nya sendiri dalam sebuah Instagram story yang mungkin membantu meningkatkan popularitas karakter tersebut.

Baca juga artikel yang membahas Lisa Dapat Penghargaan Pertama untuk Rockstar di MTV VMAs 2024

Dilansir dari laman Nation Thailand, makhluk berbulu yang bernama Labubu yang bertelinga panjang, bertelinga tajam, dan tersenyum lebar ini adalah salah satu karakter di Monster Kingdom dan dibuat pada tahun 2015 oleh seniman Hong Kong yang bernama Kasing Lung.

Perlu diketahui, Lung menciptakan dunia dongeng dalam tiga buku gambar dongengnya yang terinspirasi oleh mitologi Nordik. Sejauh ini, telah ada lebih dari 10 koleksi boneka Labubu, dengan salah satu yang paling populer adalah "Labubu - The Monsters Exciting Macarons".

Koleksi Labubu semakin populer setelah Lalisa memposting foto dengannya di Instagram. Koleksi set Labubu tersebut hadir dalam tujuh warna populer seperti Lychee Berry, Green Grape, Soymilk, Sea Salt Coconut, Sesame Bean, Toffee, dan Chestnut Cocoa.

Satu boneka Labubu dari koleksi Labubu dijual seharga 550 baht, sedangkan satu set enam dapat mencapai 3.300 baht atau Rp1.522.591.

Meskipun harganya tergolong mahal, namun barang-barang tersebut ternyata terjual habis dan laku keras. Hal tersebut, kemudian memaksa kolektor untuk memburu boneka labubu di pasar resale di mana harga terus naik.

Selain itu, Labubu adalah salah satu dari karakter The Monsters, yang merupakan serangkaian karakter yang dibuat oleh Kasing Lung. Selain Labubu ada juga Zimomo, Spooky, Tycoco, dan Pato.

Pop Mart dan Labubu (X)

Pop Mart dan Labubu

Pop Mart sendiri adalah perusahaan mainan China yang sebagian besar dikenal karena barang dagangan termasuk mainan dan patung. Sebelum Labubu, Pop Mart sudah populer di kalangan kolektor yang menyukai sensasi mengumpulkan kotak dan berjudi dengan harapan mendapatkan mainan tertentu.

Fakta menyenangkan: banyak kolektor Pop Mart tertarik pada merek tersebut dengan lini figur lainnya seperti Molly yang menarik, Skullpanda yang edgy, dan Dimoo yang ceria.

Labubu sendiri bukanlah favorit sampai Pop Mart meluncurkan seri Exciting Macaron.

Pecinta boneka dari Penang mengatakan mereka harus pergi ke Selangor hanya untuk mengantre.

Di Penang, Labubu akan terjual habis dengan cepat. Hal tersebut membuat proliferasi Labubu palsu beredar banyak dan telah membuat proses dan semakin mempersulit pasar hingga para penjual terpaksa menaikkan harga di pasar jual kembali.

Para penggemar boneka mengatakan para penggemar Labubu harus berhati-hati ketika akan membeli boneka karena banyak yang palsu. Hal tersebut membuat para pembeli harus membaca banyak ulasan dan melakukan penelitian agar tidak tertipu.

Pertanyaan berapa lama tren ini akan berlangsung? Sayangnya, selama Lisa terus terlihat dengan karakter kolektor Labubu tersebut, maka para kolektor harus bersiap-siap merogoh dompet mereka.

Selain Mengenal boneka labubu, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!