Momentum Perayaan HUT ke-44 Dekranas: Menyuarakan Kreativitas dan Perjuangan UMKM Indonesia

JAKARTA - Menyongsong perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-44, Dewan Kerajinan Nasional Indonesia ( Dekranas ) telah memulai rangkaian persiapannya. Perayaan ini dijadwalkan berlangsung pada tanggal 15–18 Mei 2024 di Solo, Jawa Tengah.

Selain acara syukuran yang dihadiri oleh Pembina Dekranas, Iriana Joko Widodo, Ketua Umum Dekranas Wury Maruf Amin, serta Ketua dan Pengurus Dekranas dan Dekranasda dari seluruh Indonesia, akan diselenggarakan serangkaian kegiatan untuk merayakan dan memuliakan kreativitas serta perjuangan UMKM Indonesia.

Ketua Harian Dekranas, Tri Tito Karnavian, menjelaskan bahwa perayaan HUT Dekranas ke-44 mengangkat tema “Memajukan Warisan Bangsa” sebagai respons terhadap dampak Covid-19 terhadap para perajin. “Dengan tema ini, kami berharap Dekranas dapat mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi, khususnya dari sektor kerajinan nasional yang merupakan bagian penting dari warisan budaya Indonesia. Meskipun terjadi banyak modernisasi, kami memiliki program-program yang juga mendukung perajin dalam melestarikan budaya Indonesia,” jelas Tri Tito Karnavian dalam Konferensi Pers Acara Puncak HUT Dekranas ke-44 di Press Room Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta (8/5).

Perayaan yang akan berlangsung di Solo, menurut Ketua Panitia Pelaksana HUT Dekranas ke-44, Loemongga Agus Gumiwang, akan terbuka untuk partisipasi masyarakat umum. Akan ada pameran/expo yang melibatkan Dekranasda dari berbagai provinsi, kota, maupun kabupaten. “Pameran di daerah Pura Mangkunegaran, yang hingga saat ini sudah mencatat 257 booth, akan menjadi salah satu sorotan. Selain itu, juga akan ada acara kirab atau pawai budaya pada tanggal 15 Mei yang menampilkan mobil hias dan defile/arak-arak dari ribuan ibu-ibu PKK,” jelas Loemongga.

Acara lain yang menarik untuk diikuti adalah talk show bersama narasumber yang akan berbagi tips tentang menjalankan usaha serta penampilan dari berbagai musisi terkenal seperti Yovie & Nuno, Maliq & d’Essentials, hingga Giring Ganesha.

Ketua Bidang Wirausaha Baru Dekranas, Endang Budi Karya, yang bertanggung jawab atas Parade Kriya dan Budaya Dekranas 2024, menyebut bahwa peserta parade akan bersaing untuk memenangkan Piala Ibu Negara. Parade akan menampilkan ratusan mobil hias yang berkeliling sejauh 2,3 kilometer. “Ada 101 peserta yang akan bersaing dalam parade ini. Peserta terbaik akan menerima piala dari Ibu Negara dan peserta favorit akan mendapatkan piala dari Ketua Umum Dekranas. Salah satu penilaian utama adalah kemampuan peserta untuk menunjukkan kriya atau kerajinan serta budaya dari kearifan lokal daerah masing-masing,” jelas Endang.

Terkait acara talk show, salah satu Anggota Bidang Daya Saing Dekranas yang juga desainer handal, Didiet Maulana, menjelaskan bahwa akan ada berbagai narasumber terkenal yang merupakan penggiat usaha kriya seperti Happy Salma maupun Ni Luh Djelantik. “Talk show ini bukan hanya sekedar wacana, namun merupakan Binas alias Bincang Dekranas. Beberapa UMKM terpilih akan berbagi pengalaman mereka dalam menghadapi tantangan, branding, dan juga akan ada pemaparan dari beberapa BUMN dan kementerian tentang program inkubasi atau program pendampingan bagi pelaku usaha,” jelas Didiet.

Melalui Acara Puncak HUT Dekranas ke-44 ini, Loemongga berharap warga Solo dan masyarakat dari daerah sekitarnya dapat turut serta menikmati kekayaan produk budaya. Acara ini juga diharapkan dapat menjadi ajang berjejaring antara perajin dan Dekranasda dari berbagai wilayah, sehingga dapat tercipta sinergi dalam mempertahankan ragam kriya yang dimiliki Indonesia. “Indonesia memiliki kekayaan kriya yang sangat beragam. Semoga ajang ini dapat memicu ide-ide baru untuk lebih mengembangkan dan mempopulerkan warisan budaya kita,” harap Loemongga.

Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo, selaku Government Public Relation dan ex-officio Bidang Promosi dan Humas Dekranas, telah menyelenggarakan Konferensi Pers Persiapan HUT Dekranas ke-44 sebagai wujud dukungan kepada para perajin Indonesia. Turut hadir dalam konferensi pers ini Sekretaris Jenderal Dekranas Reni Yanita, Ketua Dekranas Bidang Manajemen Usaha Sri Suparni Bahlil, dan Ketua Bidang Promosi dan Humas Dekranas Dina Budi Arie.

Harapan dari penyelenggara adalah agar rekan-rekan media dapat mengampanyekan narasi positif mengenai Acara Puncak HUT Dekranas ke-44, sejalan dengan tujuan Dekranas untuk terus menggalang komunitas seniman tanah air, serta terus mendukung pengembangan produk kerajinan.