Indonesia Jadi Pasar Terseksi Kedua di Dunia, Wishnutama Minta UMKM Harus Manfaatkan Peluang Ini

JAKARTA - Komisaris Tokopedia, Wishnutama Kusbandio, menyatakan Indonesia merupakan pasar paling seksi, di mana masyarakatnya atau pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus dapat memanfaatkan peluang di negeri sendiri.

"Indonesia itu pasar terbesar nomor dua di dunia, karena kalau kita bicara China ya itu China sendiri. Indonesia itu pasarnya seksi, dan ada lagi Brasil. Yang potensial itu Indonesia dan Brasil," ungkap Wishnutama dalam konferensi pers Bangkit Bersama GoTo Dukung Pemulihan Ekonomi Indonesia, Kamis, 30 September.

Melihat hal ini, Wishnutama berharap UMKM di Indonesia dapat memanfaatkan peluang dari negeri sendiri, dan dengan dukungan GoTo, dia mengatakan bisa menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah sendiri.

"Jangan sampai kita jadi target pasar negara lain, dan UMKM harus melihat dan manfaatkan (hal) ini," ujar Wishnutama.

Sementara, Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso juga menyampaikan hal yang sama. Wimboh mengatakan bahwa UMKM bisa memanfaatkan teknologi dengan baik untuk menunjang bisnis mereka.

"Ruang di Indonesia itu besar dibanding negara lainnya, tumbuhnya bisa luas dengan penduduk lebih dari 272 juta orang. Dengan hadirnya teknologi seperti ini (GoTo) berkah bagi kita, semua bisa dilakukan secara online di bidang apa saja," kata Wimboh.

Wimboh juga menyatakan UMKM harus dibina untuk bagaimana memproduksi dan mengiklankan produk mereka dengan baik, agar suatu produk bisa menarik, baik dari segi lingkungan atau segi higienis.

"Setelah itu kita bisa masukan ke e-commerce, kalau sudah di sana kan bisa berkembang bisnisnya. Sudah banyak di luar negeri yang seperti ini, kita harus bisa menerapkan ekosistem ini. Jadi UMKM masih perlu edukasi dan literasi," jelas Wimboh.

Menurut laporan, sebanyak 4 juta UMKM telah bergabung di GoTo dalam masa pandemi. Di mana yang tadinya mereka berjualan secara offline kini dapat memanfaatkan fasilitas online order.