Antisipasi Libur Nataru, Bank Muamalat Optimalkan Kanal Digital
JAKARTA – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mengoptimalkan kanal digital untuk mengantisipasi peningkatan transaksi selama periode libur Tahun Baru 2025.
Direktur Bank Muamalat Karno mengatakan lonjakan transaksi selama masa liburan akan lebih banyak terjadi pada transaksi digital. Apalagi, saat ini lebih dari 92 persen transaksi nasabah Bank Muamalat telah beralih ke kanal digital.
Menurutnya, faktor kemudahan, kecepatan, dan keamanan menjadi alasan utama di balik pergeseran tren tersebut.
“Sekarang kan buat pembayaran, pembelian atau transfer bisalangsung menggunakan mobile Banking Muamalat DIN. Jadi, kebutuhan nasabah akan kantor cabang sudah mulai berkurang. Transisi tersebut juga tercermin dari pertumbuhan transaksi digital di Bank Muamalat yang mencapai sekitar 21 persen secara year on year (yoy) per akhir November 2024,” kata Karno, Senin, 23 Desember.
Kendati begitu, Karno memastikan, Bank Muamalat tetap menyediakan ketersediaan uang tunai.
Selama periode libur kali ini, Bank Muamalat telah menyiapkan uang tunai sekitar Rp630 miliar.
Adapun alokasinya adalah Rp400 miliar untuk kantor cabang dan sisanya Rp230 miliar untuk kebutuhan mesin ATM.
Saat ini, Bank Muamalat memiliki 564 ATM yang tersebar di berbagai wilayah Tanah Air. Bank Muamalat juga telahterkoneksi dengan lebih dari 81.000 jaringan ATM Bersama,69.000 jaringan Prima, dan 14.500 mesin CRM.
Karno menjelaskan, selama periode cuti bersama dan libur pada 25-26 Desember 2024 serta 1 Januari 2025, seluruh kantorcabang Bank Muamalat di Indonesia tidak beroperasi.
Sedangkan 1 kantor cabang Bank Muamalat di Kuala Lumpur, Malaysia tetap beroperasi pada 26 Desember 2024.
Adapun layanan pelanggan SalaMuamalat tetap beroperasi selama 24 jam setiap hari melalui nomor 1500016 atau untuk nasabah yang berada di luar negeri melalui nomor +6221 8066 8000.
Baca juga:
Nasabah juga bisa mengakses fitur Digital Customer Care yangmerupakan layanan untuk melakukan pengaduan langsungmelalui Muamalat DIN apabila terdapat kendala yang bersifattransaksional maupun non-transaksional.
Dalam proses pengaduan ini, nasabah akan mendapatkan informasipenanganan secara langsung. Nasabah cukup mengakses button “Pengaduan Transaksi” di Mualamat DIN untuk menyampaikan pengaduan.
“Kami akan menyiagakan tim operasional untuk memastikankanal digital Bank Muamalat berjalan lancar selama periodelibur kali ini. Sehingga transaksi nasabah dapat terlayani denganbaik,” pungkas Karno.