Pengalaman Berkendara Bersama GWM Haval Jolion HEV: SUV Hybrid Berkelas

JAKARTA - Great Wall Motor (GWM) Indonesia telah resmi memperkenalkan Haval Jolion HEV pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 lalu sekaligus memperkuat komitmen pabrikan dari China ini dalam segmen elektrifikasi di tanah air.

Tidak hanya dilengkapi sistem penggerak ramah lingkungan, Haval Jolion HEV menjadi model pertama GWM yang diproduksi secara lokal di lini perakitan milik Inchcape di Wanaherang, Jawa Barat.

Sebelumnya, tim VOI telah merasakan impresi berkendara singkat dari SUV ini di tengah GIIAS 2024 lalu yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang.

Nah belum lama ini, kami kembali mendapatkan kesempatan dari GWM Indonesia untuk melakukan pengujian mobil ini selama beberapa hari mengitari jalanan sekitar Jakarta, Depok, hingga Tangerang.

Kira-kira seperti apa pengalaman berkendara dari model ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Desain Modern dan Stylish

Mobil ini memiliki desain serupa dengan H6 HEV. Perbedaannya adalah dimensi SUV tersebut lebih kompak namun tetap lapang dengan panjang 4.472 mm, lebar 1.841 mm, dan tinggi 1.626 mm.

Eksteriornya yang sporty dan futuristik dengan T-Shaped Dagger Axe LED headlamp yang menyerupai kepakkan sayap, Boomerang LED tail light, dan Star Matrix grille, mencerminkan gaya hidup yang modern.

Salah satu hal menarik ialah hadirnya pelek 18 inci dengan pola multi-palang yang mewah dibungkus dengan ban 225/55 R18 dengan dimensi cukup besar.

Interior Semi Premium

Bagian kabinnya memiliki kesan semi-premium namun tetap nyaman untuk ditempati. Mobil ini dilengkapi beberapa material halus dan nyaman meskipun ada beberapa bagian dilengkapi plastic keras.

Posisi mengemudinya juga cukup ergonomis untuk pengemudi berukuran di bawah 170 cm. Terlebih lagi, pabrikan mendesain interiornya dengan head-up display yang lebih rendah sehingga pandangan pengemudi tidak terhalang di depan.

Setir kemudinya cukup nyaman untuk digenggam serta dasbor dilengkapi dengan 10,25 inci touchscreen yang intuitif menghadirkan berbagai informasi mengenai pengaturan personalisasi di bagian interior. Untuk memudahkan pengemudinya, Haval Jolion tidak memakai tuas transmisi konvensional melainkan dial-shift yang lebih modern dan praktis.

Fitur Canggih

Dengan dilengkapi layar touchscreen 10,25 inci yang intuitif, ini menyediakan berbagai informasi dan penyetelan baik dalam kabin maupun berbagai opsi lainnya seperti mode berkendara, pengaturan single pedal, dan masih banyak lagi

Selain itu, layar tersebut dapat terhubung dengan sistem Android Auto namun harus menggunakan kabel type-C.

Sayangnya, mobil ini masih belum memiliki perangkat Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang lengkap dan menyediakan Reverse Parking Camera yang menampilkan tampilan belakang mobil demi memudahkan pengemudi memundurkan kendaraannya.

Kenyamanan Berkendara

Pada saat melakukan pengujian, tim VOI membawa mobil ini melewati berbagai kondisi jalanan, mulai dari padatnya kemacetan, area gundukan, jalanan berpasir, jalanan basah, hingga tanjakan. Sistem suspensinya berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik dengan melewati berbagai rintangan tersebut.

Karena memiliki dimensi yang cukup kompak, GWM Haval Jolion HEV dapat berjalan di jalanan sempit dengan mulus tanpa hambatan.

Sementara itu, bantingan setirnya juga cukup nyaman dan tidak terlalu ringan sehingga pengemudi dapat dengan mudah merasakan rasa berkendara dengan sangat baik ketika berbelok atau bermanuver.

Performa Mesin Hybrid

GWM Haval Jolion HEV dibekali dengan mesin L.E.M.O.N DHT 1.5L yang bersinergi dengan motor listrik ganda berfungsi sebagai penggerak EV murni.

Mobil ini memiliki performa yang cukup responsif dan dapat berjalan di mode EV saat kecepatan rendah di kisaran 20-40 km/jam. Namun ketika menyentuh di atas 40 km/jam, SUV ini kembali ke mode ICE.

Tetapi dalam beberapa momen tertentu saat di kecepatan rendah, sistem EV di mobil ini beralih ke mesin bensin murni. Ini dibuktikan saat mobil berjalan dan secara otomatis mesin bensin SUV ini menyala secara tiba-tiba yang mengisyaratkan sistem hybridnya dinonaktifkan secara mandiri.

Konsumsi BBM Cukup Irit

Selama pengujiannya, GWM Haval Jolion HEV memiliki konsumsi bahan bakar sekitar 14,6 km/l setelah melakukan perjalanan di berbagai area. Ini sekaligus membuktikan bahwa mobil hybrid memiliki keiritan BBM yang impresif dibandingkan bensin murni.

Harga dan Rival

GWM Haval Jolion HEV untuk pasar Indonesia dibanderol dengan harga Rp405 juta On The Road DKI Jakarta atau turun dari harga sebelumnya yang diumumkan di GIIAS 2024, yakni Rp448,8 juta.

Dirakit secara lokal oleh Inchcape, mobil ini bersaing dengan beberapa SUV yang sekelas seperti Toyota Yaris Cross HEV dan MG VS HEV.

Kesimpulan

Berbeda dengan brand China lainnya yang langsung menawarkan EV, GWM memilih untuk melakukan pendekatan berbeda dengan menawarkan model hybrid di Indonesia mulai dari Tank 500, Tank 300, Haval H6, dan Haval Jolion HEV.

Meskipun fitur yang dihadirkan tidak selengkap pesaingnya, SUV tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan bagi pembeli yang ingin miliki mobil hybrid dengan harga Rp400 jutaan.