Pep Guardiola: Manchester City Tidak Akan Alami Keruntuhan seperti Manchester United jika Saya Pergi

JAKARTA - Pep Guardiola mengatakan Manchester City tidak akan mengalami keruntuhan seperti Manchester United jika ia memutuskan berhenti sebagai manajer pada musim panas nanti.

The Red Devils belum pernah memenangi gelar Liga Inggris sejak Sir Alex Ferguson mengundurkan diri pada 2013.

Dalam rentang itu, The Citizens telah memenanginya dalam enam dari tujuh tahun terakhir.

Guardiola pun bersikeras klub akan terus menang bahkan setelah ia meninggalkan Stadion Etihad.

"Saya tidak tahu apa yang terjadi (di Manchester United). Ini akan menjadi pertanda buruk bagi klub jika setelah satu orang saja pergi dan semuanya menjadi kacau."

"Mungkin mereka akan membuat kesalahan. Selama kesalahan itu terjadi. mereka akan menyelesaikannya."

"Kesalahan itu akan segera diselesaikan, itu sudah pasti. Para pemain tahu persis apa yang harus mereka lakukan," kata Guardiola seperti dilansir ESPN.

Guardiola terikat kontrak hingga akhir musim ini. Sejauh ini dia menolak untuk berkomentar apakah ia akan memperpanjang kontraknya atau tidak.

Berbagai rumor menyebut bahwa Manchester City mengharapkan keputusan Guardiola antara jeda internasional November 2024 dan Tahun Baru.

Meskipun demikian, mereka sadar untuk tidak memberi tekanan kepada pelatih berusia 53 tahun itu untuk mengambil keputusan.

Direktur Sepak Bola Manchester City, Txiki Begiristain, telah memberi tahu klub bahwa Guardiola akan pergi pada akhir musim dan akan digantikan oleh Hugo Viana dari Sporting Lisbon.

"Mereka (klub) akan sabar, tenang, dan tahu apa yang harus mereka lakukan," kata Guardiola.

"Tentu saja, saya tidak meragukannya. Dengan Txiki selama 12 tahun dan kasus saya, wajar saja jika tampaknya kami tidak bisa pergi. Namun, tentu saja kami bisa terus maju. Hidup terus berjalan. Bumi terus berputar."

"Klub ini dikelola dengan baik dan strukturnya bagus. Klub yang solid tidak bergantung pada satu figur atau lainnya. Jika klub kuat, itu tidak masalah. Jika tidak, itu tidak akan bagus," tutur pelatih asal Spanyol itu lagi.

Manchester City sedang dalam tren positif pada musim ini. Sejak Community Shield, The Citizens belum terkalahkan dalam 13 laga, 10 kemenangan dan tiga seri di semua ajang.