Pelaku Jambret yang Dikeroyok Warga di Pondok Bambu Gunakan Modus Ban Oleng

JAKARTA - Pelaku pencurian modus jambret yang terjadi di Jalan Pahlawan Revolusi, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, akhirnya diamankan anggota reskrim ke Polsek Duren Sawit, Kamis, 24 Oktober, sore.

Pelaku digelandang polisi ke Polsek Duren Sawit dengan posisi tangan terikat ke belakang. Pelaku diamankan berikut barang bukti hasil kejahatan.

Dari keterangan korban, Intan, pengendara Toyota Agya warna kuning, kejadian terjadi sangat cepat. Pelaku menggunakan modus ban bocor kepada korbannya.

"(awalnya) saya lagi bawa mobil (Agya kuning) mau jemput anak saya dua orang. Terus di dalam itu saya lagi konsentrasi (pegang handphone) sambil ngontek (telepon) ada tukang di rumah. Pas lewat jembatan lampu merah BKT ada yang negur dari pintu samping, (kata pelaku) bannya oleng di belakang," kata Intan kepada VOI.

Korban menunjukan lokasi pelaku dihajar massa usai tertangkap/ Foto; Rizky Sulistio/ VOI

Mendengar ada informasi bahwa ban korban oleng, korban justru mempercayai tipuan pelaku. Korban lantas berhenti dan turun dari mobil untuk mengecek ban mobilnya.

"Saya gak kepikiran apa-apa. Saya minggir sebentar, mau buka pintu liat ban belakang. Terus ada yang nyamperin lagi. 'Bannya oleng tuh Bu'," ujarnya.

Ketika mendapatkan info tersebut, korban semakin yakin ingin melihat kondisi ban mobilnya.

"Tapi ternyata yang ngasih tahu pertama kali langsung ke pintu samping mengambil tas saya. Ada emas di dalam tas hilang," kata korban.

Setelah sadar tas miliknya dicuri maling, korban pun meneriaki pelaku yang sudah kabur sambil mengendarai motor miliknya.

"Saya langsung teriak itu ada copet, ada copet. Terus saya sudah panik masuk ke mobil, saya sudah gugup. Saya kejar saja sendiri," katanya.

Ketika korban berusaha mengejar motor yang dikendarai pelaku, warga dan pengendara lainnya yang sempat mendengar teriakan korban juga berusaha mengejar pelaku.

"Saya lihat ke sini sudah ramai-ramai, ternyata sudah ditolong oleh orang-orang di sini karena melihat saya teriak-teriak. Sama ada anak SMA yang menjegal dan bantuan dari masyarakat, kena lah orang ini (pelaku pencurian)," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, seorang pria pelaku jambret berhasil ditangkap massa di Jalan Pahlawan Revolusi, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis, 24 Oktober, sore.

Penangkapan pelaku jambret itu berlangsung dramatis hingga akhirnya pelaku babak belul dikeroyok warga.