Gelombang 2 Meter Melanda Laut NTT, BMKG Minta Jasa Pelayaran dan Nelayan Waspada

NTT - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan pelaku jasa pelayaran dan nelayan untuk mewaspadai gelombang setinggi 1,25-2 meter di sejumlah perairan laut Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam beberapa hari ke depan.

"Harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Yandri Tungga di Kupang, Kamis 24 Oktober, disitat Antara.

Dia menyebut tinggi gelombang 1,25-2 meter berpotensi terjadi di wilayah perairan laut Selat Sape bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu.

Selain itu, gelombang tinggi juga terjadi di wilayah perairan laut Samudera Hindia selatan Pulau Sumba-Sabu, perairan selatan Kupang-Rote dan Samudera Hindia selatan Kupang-Rote Ndao.

Dia mengatakan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari barat daya-barat dengan kecepatan angin berkisar 10-25 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan, dominan angin bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 6-25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Sunda, Selat Bali, Selat Lombok, dan Selat Makasar bagian utara.

Dalam hubungan dengan hal itu, BMKG mengimbau pelaku jasa pelayaran dan nelayan yang akan melakukan aktivitas di perairan laut untuk memperhatikan prakiraan cuaca maritim sebelum berlayar.

Dia mengimbau masyarakat yang tinggal dan melakukan aktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.