Diisi Banyak Senior, Pimpinan DPR: Komisi XIII Tak Boleh Dipandang Sebelah Mata

JAKARTA - Pimpinan DPR RI telah menetapkan komposisi Ketua dan Wakil Ketua Komisi XIII DPR. Wakil Ketua DPR, Adies Kadir menilai komisi yang membidangi urusan hukum dan hak asasi manusia (HAM) ini tak boleh dipandang sebelah mata.

Pasalnya, Komisi XIII DPR banyak diisii oleh politisi-politisi senior. Seperti eks MenkumHAM Yasonna Laoly, senior Partai Golkar Agun Ginanjar, eks Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah dan lainnya.

Adapun Ketua Komisi XIII DPR dijabat oleh anggota Fraksi NasDem, Willy Aditya. Pada periode lalu, Willy merupakan Wakil Ketua Baleg DPR.

Sedangkan Wakil Ketua Komisi XIII DPR diisi oleh Andreas Hugo Pareira (Fraksi PDIP), Dewi Asmara (Fraksi Golkar), Sugiat Santoso (Fraksi Gerindra), dan Rinto Subekti (Fraksi Demokrat).

"Memang Komisi XIII ini kalau saya lihat komposisinya kebanyakan yang sudah senior-senior, ya. Makanya saya tadi sampaikan ini kelihatannya para negarawan di legislatif kebanyakan mengisi posisi di Komisi XIII," ujar Adies di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 23 Oktober.

"Dan komposisi pimpinan juga tadi ada Pak Willy, yang kita tahu memang cukup handal selama memimpin di Badan Legislasi kemarin. Begitu juga pimpinan-pimpinan yang lain, komposisi kita lihat di sana para senior, ya. PDIP ada Pak Hugo Pereira, ada Pak Yasona, ada Ahmad Basarah. Di Golkar juga ada Pak Agun Ginanjar, Dewi Asmara, di Gerindra juga banyak para senior," sambungnya.

Selain itu, menurut Adies, Komisi XIII DPR juga membidangi urusan yang bukan 'kaleng-kaleng', sehingga komisi ini tidak boleh dipandang sebelah mata.

"Memang di sini komisi yang membawa tentang regulasi, reformasi regulasi, kemudian juga di sini HAM ada di sana. Dan mitra kerjanya tentunya ada Kementerian Hukum, Kementerian HAM.

Kemudian ada juga Kementerian Imigrasi dan Pemasarakatan. Dan kemudian Kementerian Sekretaris Negara juga ada di sana. BNPT juga ada di sana tentang teroris," jelas Adies.

"Jadi memang harus ada pemikiran-pemikiran di sana," lanjutnya.

Belum lagi soal imigrasi, penataan lapas, mengatur soal teroris dan non-terorisme. "Jadi saya rasa Komisi XIII ini salah satu komisi yang sangat penting juga di DPR RI, dan tidak bisa dipandang sebelah mata," kata eks Wakil Ketua Komisi III DPR itu.