Neymar Kembali setelah Absen Setahun

JAKARTA - Neymar sudah kembali merumput. Dia tampil untuk kali pertama menjadi pemain pengganti saat Al Hilal kalahkan Al Ain 5-4 di Liga Champions Asia Elite pada Senin, 21 Oktober 2024.

Pemain asal Brasil itu sudah absen lebih dari setahun setelah mengalami robekan ligamen anterior.

Neymar bermain menggantikan Nasser Al Dawsari pada menit ke-77, tepat setelah Salem Al Dawsari mencetak gol untuk membawa Al Hilal unggul 5-3.

Ia hampir membuat dampak instan, bertukar umpan dengan Aleksandar Mitrovic untuk menciptakan ruang sebelum melepaskan tembakan yang melebar tipis.

"Saya merasa baik. Saya selalu memiliki tim yang bagus. Saya sangat senang. Saya kembali! Saya kembali!" kata Neymar selepas laga dilansir ESPN.

Mantan pemain Paris Saint-Germain itu mengalami cedera ligamen lutut saat Brasil melawan Uruguay tak lama setelah bergabung Al Hilal di Liga Pro Arab Saudi (SPL). Ia menjalani operasi pada November 2023.

Neymar bergabung Al Hilal pada Agustus 2023 dari PSG dengan transfer 90 juta euro. Namun, dia hanya bermain lima pertandingan sebelum mengalami cedera.

Mantan klub Neymar, Santos, mengucapkan selamat kepada pemain tersebut atas kepulangannya dalam sebuah unggahan di X.

"Sudah lebih dari 12 bulan ia tidak bermain di lapangan, dengan kerinduan yang tak terkira untuk kembali melakukan apa yang sangat ia cintai," tulis klub Brasil itu.

"Neymar bukan sekadar bintang. Ia bukan sekadar jenius. Neymar identik dengan kegembiraan dalam sepak bola."

"Kepulangannya adalah kebahagiaan bagi jutaan penggemar di seluruh dunia. Jika berbicara tentang penggemar, suporter Santos memiliki perasaan yang tak tertandingi."

"Ikatan yang lebih dari sekadar istimewa dengan pemain Brasil terbaik dalam beberapa tahun terakhir," tulis Santos lagi.

Neymar juga menerima pesan dari Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) yang sudah menantikan striker 32 tahun itu merumput lagi.

"Neymar adalah representasi keajaiban sepak bola Brasil dan memikat penggemar dari seluruh dunia."

"Penggemar dari seluruh dunia dengan bangga mengenakan kaus Timnas Brasil, Santos, PSG, Barcelona, ​​dan Al Hilal dengan nomor 10 yang melekat di bagian belakang Neymar."

"CBF merayakan dan mengucapkan selamat kepada Neymar, salah satu pemain terhebat dalam sejarah sepak bola dunia, atas kembalinya ia ke lapangan," bunyi ucapan dari CBF.

Penyerang tersebut, yang merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa Brasil, absen di Copa América 2024 yang dimenangi oleh Argentina.

Ia memenuhi syarat untuk bermain di Liga Champions Asia Elite karena tidak ada batasan jumlah pemain asing.

Namun, ia baru dapat didaftarkan pada Januari 2024 untuk paruh kedua musim Liga Pro Arab Saudi.

Hanya saja, tim-tim di SPL memiliki batasan jumlah pemain asing yang dapat didaftarkan. Delapan pemain asing yang lahir sebelum 2003 dapat didaftarkan untuk skuad.

Sementara ada aturan hanya mengizinkan dua pemain asing yang lahir pada 2003 atau setelahnya.

Terlepas dari itu, kontrak Neymar dengan Al Hilal berakhir pada Juni 2025.

Saat ini Al Hilal, yang dilatih oleh manajer asal Portugal, Jorge Jesus, memimpin klasemen SPL 2024/2025 setelah memenangi tujuh pertandingan yang telah dijalankan.

Sementara itu, CBF berharap Neymar dapat bermain tepat waktu untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada November 2024 melawan Venezuela dan Uruguay.

Brasil berada di urutan keempat grup Kualifikasi Piala Dunia 2025. Mereka terpaut empat poin dari pemuncak klasemen, Argentina, setelah 10 pertandingan.