Profil Ahmad Ridha Sabana, Utusan Khusus Presiden di Bidang UMKM dan Ekonomi Kreatif

YOGYAKARTA - Sosok Ahmad Ridha Sabana mengundang perhatian publik setelah diangkat menjadi Utusan Khusus Presiden Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Ekonomi Kreatif dan Digital. Pelantikan tersebut dilakukan di Istana Negara pada Selasa Oktober. Banyak orang ingin mengulik profil Ahmad Ridha Sabana  dan sepak terjangnya selama ini. 

Sebelumnya, Ahmad Ridha Sabana ikut dipanggil oleh Prabowo Subianto ke kediamannya di Kertanegara pada Selasa (15/10) lalu. Ridha Sabana merupakan adik dari Ahmad Riza Patria, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta dan sekaligus politikus Partai Gerindra. Ridha juga ikut bergabung sebagai kader Partai Gerindra, sebelum berpindah ke Partai Garuda. 

Selain sebagai politikus yang aktif di panggung perpoltikan, Ridha juga dikenal sebagai pengusaha sukses. Lantas seperti apa profil Ahmad Ridha Sabana dan rekam jejaknya di dunia politik?

Profil Ahmad Ridha Sabana

Ahmad Ridha Sabana lahir di Banjarmasin, 22 Januari 1972. Ridha merupakan seorang pengusaha yang juga ikut terlibat di ranah politik. Ia sudah aktif menjadi politikus dan pebisnis di Indonesia sejak lama.

Ahmad Ridha Sabana ikut bergabung di Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pusat. Pada periode 2011-2014, Ridha Sabana sempat masuk nominasi Calon Ketua KNPI. Hal tersebut menjadi bukti bahwa dirinya memiliki peran yang signifikan di kalangan pemuda Indonesia. 

Karier politik Ahmad Ridha Sabana

Perjalanan karier Ahmad Ridha Sabana di kancah politik dimulai dari Partai Gerindra. Pada tahun 2014, dirinya maju sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta. Ia mencalonkan diri mewakili Partai Gerindra untuk wilayah Jakarta Timur. 

Meskipun Ridha berdomisili di Jakarta Selatan, namun dirinya berhasil mendulang sebanyak 3.691 suara pada pemilu 2024. Sayangnya suara yang diperoleh masih belum mammpu mengantarkannya duduk di kursi DPRD. 

Saat ini, Ahmad Ridha Sabana memegang posisi strategis sebagai Ketua Umum (Ketum) Partai Garuda. Partai yang berlogo burung garuda ini didirikan pada tahun 2015. Dengan jabatannya tersebut, Ridha ingin memperkuat kiprah partainya di panggung politik nasional. Ia pun menjadi salah satu tokoh penting dalam pergerakan politik kontemporer. 

Karier bisnis Ahmad Ridha Sabana

Selain aktif di dunia politik, Ahmad Ridha Sabana juga berkecimpung di bidang bisnis. Ridha merupakan sosok pengusaha sukses yang memiliki berbagai portofolio bisnis. Ia adalah pemilik Gala Group, sebuah perusahaan yang menaungi sejumlah entitas bisnis. 

Beberapa bisnis yang berada di bawah Gala Group, di antaranya ada Gala Galaatama (kontraktor, perdagangan, dan pemasok), Gala Jayatama (penyuplai dan integrator sistem), Gala Griyatama (real estate), serta Gala Surya Karyatama (industri kimia).

Selain itu, Ahmad Ridha Sabana juga menduduki jabatan Presiden Direktur di Lintas Technologies sejak 2009. Sebelum itu, Ridha pernah menjabat sebagai Presiden Direktur PT Cipta Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) sejak tahun 2014. TPI merupakan jaringan televisi komersial milik Siti Hardiyanti Rukmana (Tutut), putri tertua Presiden Soeharto.

Sebagai pimpinan, Ahmad Ridha Saban memiliki peran penting dalam keberlangsungan  TPI. Namun pada Februari 2018 lalu, Ridha mengonfirmasi bahwa ia sudah tidak menjabat sebagai Presiden Direktur TPI.

Demikianlah profil Ahmad Ridha Sabana yang dipercaya oleh Presiden Prabowo untuk menjadi Utusan Khusus Presiden Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Ekonomi Kreatif dan Digital. Dengan pengalaman panjang di bidang politik dan bisnis, Ridha diharapkan dapat berkontribusi dalam bidang yang diembang. Baca juga profil Menteri UMKM Maman Abdurrahman.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.