Polri Tangkap Buronan Mairon Tabuni, Anggota KKB yang Terlibat Penembakan Warga di Ilaga

JAKARTA - Polri melalui Satgas Ops Damai Cartenz menangkap Mairon Tabuni alias Solikin yang merupakan anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Mairon Tabuni alias Solikin merupakan buronan atau DPO terkait kasus penyerangan dan penembakan warga sipil.

"Kami telah mengamankan DPO KKB Puncak atas nama Mairon Tabuni alias Solikin. Yang bersangkutan terlibat dalam kriminal penyerangan dan penembakan warga sipil di Ilaga Kabupaten Puncak," ujar Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz, Brigjen Pol Faizal Ramadhani dalam keterangannya, Selasa, 22 Oktober.

Mairon Tabuni alias Solikin ditangkap di Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Senin, 21 Oktober 2024, pukul 09.05 WIT.

Menambahkan, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz, Kombes Bayu Suseno, Mairon Tabuni merupakan anggota KKB Kepala Air yang dipimpin oleh Papuanus alias Jeki Murib di Kabupaten Puncak.

Saat ini, Mairon Tabuni telah dibawa ke Posko Operasi Damai Cartenz-2024 di Mimika untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Satgas Ops Damai Cartenz-2024 terus bekerja keras untuk menegakkan hukum terhadap KKB di Papua demi terciptanya Papua yang aman dan damai," kata Bayu.

Diketahui, Ops Damai Cartenz juga menangkap pimpinan KKB Paniai, Jemmy Magai Yogi yang menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat West Papua Army (WPA) Divisi II Pemka IV Paniai pada Rabu, 16 Oktober 2024, sekitar pukul 16.16 WIT di depan Kantor DPRD Kabupaten Dogiyai.

Saat ini, KKB Jemmy Magai telah berada di Polda Papua untuk menjalani pemeriksaan intensif oleh penyidik Satgas Ops Damai Cartenz dan Polda Papua dan akan diberlakukan proses hukum pada yang bersangkutan.