Dilantik Prabowo, Sunarto Resmi Jabat Ketua Mahkamah Agung

JAKARTA - Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2024-2029 Sunarto membacakan sumpah jabatannya di hadapan Presiden Prabowo Subianto pada hari ini, Selasa, 22 Oktober. Ia resmi menggantikan Muhammad Syarifuddin.

Dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, pengambilan sumpah dilaksanakan sekitar pukul 10.00 WIB di Istana Negara, Jakarta. Kegiatan diawali dengan menyanyikan Indonesia Raya dan pembacaan Keputusan Presiden 136P/2024 tentang Pemberhentian dengan Hormat Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial dan Pengangkatan Ketua Mahkamah Agung oleh Nanik Purwanti selaku Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kemensetneg.

Setelahnya, Sunarto membacakan sumpah jabatan di hadapan Prabowo. “Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban Ketua Mahkamah Agung dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya.”

“Memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta berbakti kepada nusa dan bangsa.”

Berikutnya, Sunarto menandatangani berita acara pengangkatan sebagai Ketua MA di hadapan Prabowo Subianto.

Sebagai informasi, Sunarto merupakan Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial. Dia menang telak dengan mendulang total 30 suara dalam Sidang Paripurna Khusus Pemilihan Ketua MA beberapa waktu lalu.

Ketika itu, Sunarto melawan kandidat lainnya yakni Haswandi yang merupakan Hakim Agung Kamar Perdata, Soesilo Hakim Agung Kamar Pidana, dan Yulius menjabat Ketua Kamar Tata Usaha Negara.