Samsung Rilis Galaxy Z Fold 6 Special Edition dengan Kamera Terbaik di Seri Lipat

JAKARTA - Samsung secara resmi meluncurkan Galaxy Z Fold 6 Special Edition di Korea Selatan, yang menghadirkan desain tertipis dan teringan dalam sejarah seri Galaxy Z Fold. Seri ini, meningkatkan portabilitas dan kenyamanan penggunaan. Menurut laporan, perangkat ini juga akan dirilis di China dengan nama Samsung Galaxy W25.

Galaxy Z Fold 6 Special Edition akan mulai dijual di Korea Selatan pada 25 Oktober dengan harga KRW 2.789.600 (sekitar Rp31,5 juta). Perangkat ini hanya tersedia dalam satu konfigurasi dengan RAM 16 GB dan penyimpanan internal 512 GB. Berdasarkan gambar yang dirilis, Galaxy Z Fold 6 Special Edition hadir dalam warna Black Shadow.

Galaxy Z Fold 6 Special Edition dapat dibeli melalui toko online resmi Samsung, serta platform online lainnya seperti KT, U+, dan T Direct Shop. Selain itu, perangkat ini juga akan dijual secara offline melalui operator telekomunikasi Korea Selatan, seperti SK Telecom, KT Corporation, dan LG U+.

Desain dan Spesifikasi Galaxy Z Fold 6 Special Edition

Galaxy Z Fold 6 Special Edition memiliki ketebalan 10,6 mm dan berat 236 gram, menjadikannya 1,5 mm lebih tipis dan 3 gram lebih ringan dibandingkan Galaxy Z Fold 6. Ketika dibuka, layar utama perangkat ini berukuran 8 inci dengan rasio aspek 20:18, menawarkan layar paling lebar dalam sejarah seri Galaxy Z Fold.

Layar depannya berukuran 6,5 inci dengan rasio aspek 21:9, memberikan pengalaman penggunaan yang mirip dengan ponsel tradisional. Perangkat ini juga dilengkapi dengan rangka armor aluminum dan panel depan serta belakang yang terbuat dari Corning Gorilla Glass Victus 2.

Dari segi spesifikasi, Galaxy Z Fold 6 Special Edition memiliki perbedaan kecil dibandingkan Z Fold 6. Untuk pertama kalinya di seri Galaxy Z, varian Special Edition ini memiliki kamera utama 200 megapiksel dengan dukungan OIS.

Kamera ini didampingi oleh lensa ultra-wide 12 megapiksel dengan autofokus, serta kamera telefoto 10 megapiksel dengan zoom optik 3x. Di bagian dalam, terdapat kamera di bawah layar beresolusi 4 megapiksel, sementara layar depan dilengkapi dengan kamera selfie 10 megapiksel. Semua kamera, kecuali yang di dalam layar, mendukung perekaman video 4K 60fps, sementara kamera utama juga mampu merekam video 8K 30fps.

Galaxy Z Fold 6 Special Edition didukung oleh chipset Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy dan menjalankan One UI 6.1.1 berbasis Android 14. Perangkat ini dipastikan akan menerima pembaruan One UI 7.0 berbasis Android 15 pada awal 2025, serta enam pembaruan OS tambahan dan tujuh tahun pembaruan keamanan.

Ditenagai oleh baterai berkapasitas 4.400mAh, Galaxy Z Fold 6 Special Edition mendukung pengisian daya kabel 25W dan nirkabel 15W. Fitur konektivitas lainnya termasuk dukungan dual SIM dengan e-SIM, 5G, Wi-Fi 7, Bluetooth 5.3, NFC, UWB, dan port USB-C. Untuk keamanan, perangkat ini dilengkapi pemindai sidik jari yang terletak di sisi samping perangkat.