Makna Janur Kuning Melengkung di Gedung Parlemen saat Sambut Pelantikan Prabowo

JAKARTA - Suasana di Gedung MPR Rl/DPR/DPD RI nampak meriah menyambut pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

Nampak hiasan janur kuning melengkung di teras gedung Nusantara atau gedung kura-kura. Karpet merah juga digelar menutup setiap anak tangga menuju ruang sidang paripurna. Bunga-bunga di sekitar gedung kura-kura juga bermekaran.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, menjelaskan makna janur kuning melengkung adalah sebagai simbol suatu pesta besar di gedung parlemen. Yakni, acara pelantikan presiden dan wapres RI.

"Ya kalau janur kuning itu kan kalau di adat kita melambangkan hajatan. Hari ini ada perhelatan besar, pelantikan presiden dan wakil presiden baru," ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu, 20 Oktober.

Menurut Dasco, adanya janur kuning di pelantikan presiden kali ini tidak perlu diperdebatkan. Dia pun meminta seluruh rakyat Indonesia mendoakan kelancaran pelantikan Prabowo.

"Nah tentunya hal itu tidak perlu dipersoalkan, dan kita mari berdoa semoga acara pada hari ini bisa berjalan dengan baik dan lancar," kata Ketua Harian Gerindra itu.