108 Calon Menteri, Wakil Menteri, dan Pimpinan Badan Prabowo-Gibran Ikuti Pembekalan di Hambalang Hari Ini

JAKARTA - Presiden terpilih Prabowo Subianto dijadwalkan akan memberikan pembekalan kepada para calon menteri, wakil menteri, dan pimpinan badan dalam kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran di kediamannya di Hambalang, Jawa Barat, pada Rabu 16 Oktober pagi. Acara pembekalan tersebut akan dimulai pukul 08.00 WIB.

"Akan ada pembekalan, dimulai pukul 08.00 WIB," ujar Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, di Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa malam.

Dasco juga menyampaikan wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka, akan turut hadir dalam acara pembekalan ini. Namun, ia belum bisa memastikan apakah seluruh calon menteri, wakil menteri, dan pimpinan badan yang telah dipanggil sebelumnya oleh Prabowo akan hadir.

"Direncanakan wapres terpilih akan hadir. Saya belum tahu apakah semua calon menteri dan wakil menteri akan hadir, yang pasti akan ada pembekalan," jelas Dasco.

Sebelumnya, Prabowo Subianto telah memanggil 108 calon menteri, wakil menteri, dan pimpinan badan selama dua hari berturut-turut di Kartanegara. Pada hari pertama, Senin 14 Oktober, Prabowo bertemu dengan 49 calon menteri yang akan membantu pemerintahan selama lima tahun mendatang.

Beberapa calon menteri tersebut merupakan pejabat era Presiden Joko Widodo (Jokowi), seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), serta Menteri Investasi Rosan Roeslani.

Pada hari kedua, Selasa kemarin, Prabowo memanggil 59 calon wakil menteri dan pimpinan badan. Sebagian dari mereka juga berasal dari kabinet Jokowi, serta dari berbagai latar belakang, seperti kader partai politik, akademisi, praktisi, relawan, dan tim pemenangan Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024.