TNI AD Rotasi Prajurit Bertugas di Kongo dan Afrika Tengah

JAKARTA - Kepala Pusat Zeni TNI Angkatan Darat (Kapusziad) Mayjen Budi Hariswanto mengatakan pihaknya segera merotasi personelnya yang sedang menjalani penugasan di Kongo dan Afrika Tengah.

Pergantian itu dilakukan lantaran masa tugas personel tersebut sudah habis dan harus diganti dengan satuan baru.

"Satuan yang sedang melaksanakan tugas luar negeri adalah Yonzipur 2 Kodam II/ Sriwijaya yang melaksanakan tugas sebagai Satgas Minusca Car di Afrika Tengah yang rencana akan digantikan oleh Yonzipur XIV Menzikon," kata Budi Hariswanto saat memberikan sambutan di acara HUT Ke-79 Zeni TNI AD di Markas Korps Zeni AD, Matraman, Jakarta Timur, Selasa 15 Oktober, disitat Antara.

Sedangkan Satuan Yonzipur 14 Menzikon dan Satuan Yonzipur 3 Kodam III/Siliwangi yang bertugas sebagai Satgas Monusco di Kongo akan diganti dengan Denzipur 10 Kodam XVII/Cendrawasih.

Budi menjelaskan, bahwa pasukannya ditugaskan di sana untuk melindungi warga di wilayah yang sedang berkonflik.

Tidak hanya itu, pasukannya juga bertugas untuk melakukan pembangunan beberapa infrastruktur sementara seperti sumber air dan tempat evakuasi sementara.

Budi sendiri belum bisa memastikan kapan pergantian pasukan tersebut akan dilakukan. Namun demikian, dia memastikan rotasi pasukan tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat.

Tidak hanya misi di luar negeri, Budi juga menjelaskan bahwa pihaknya aktif dalam melakukan operasi militer selain perang (OMSP) di dalam negeri.

Operasi militer yang kerap dilakukan yakni melakukan proses evakuasi korban bencana, pembangunan pos-pos evakuasi warga hingga membangun infrastruktur sementara di lokasi bencana.

Infrastruktur yang dibangun seperti jembatan dan jalan yang dapat digunakan sebagai akses keluar masuknya bantuan logistik.