Tips Merawat Motor Injeksi, Perhatikan Hal-hal Berikut

YOGYAKARTA - Merawat motor bagi beberapa orang bisa dikatakan mudah, tapi kegiatan ini sering kali diabaikan oleh sebagian orang karena sibuk oleh bermacam-macam aktivitas. Tentu saja hal ini tidak dibenarkan karena kondisi motor harus diperiksa secara berkala untuk memastikan performanya tetap terjaga. Terlebih jika motor sudah dilengkapi dengan teknologi injeksi. Lantas apa saja tips merawat motor injeksi?

Tips Merawat Motor Injeksi

Menggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi

Menggunakan bahan bakar dengan oktan 90 ke atas merupakan salah satu cara merawat motor injeksi yang paling mudah. Penggunaan bahan bakar dengan oktan tinggi dapat menyempurnakan pembakaran di dalam mesin motor. Anda tidak disarankan sesekali menggunakan bahan bakar berkualitas rendah sebab akan memicu kerusakan pada komponen mesin.

Mengganti oli secara berkala

Mengganti oli secara bertahap juga menjadi hal penting yang tidak dapat Anda lewatkan pada perawatan motor injeksi. Gantilah oli setiap dua bulan sekali atau saat motor sudah menempuh jarak 1.000 km. Hindari juga mesin motor yang kekurangan pelumas (kering) sebab akan mempengaruhi kinerja mesin.

Ilustrasi. (Dok. Freepik)

Memeriksa kondisi ECU

Electronic Control Unit (ECU) merupakan otak dari pengoperasian sistem injeksi pada motor. ECU mengatur keseluruhan unit injektor, baik takaran bahan bakar yang disemprotkan atau buka tutup klep injektor. Jika sistem tersebut terganggu, kinerja injektor pun tidak bisa berjalan dengan sempurna dan membuat motor menjadi mogok. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memperhatikan kondisi ECU motor Anda agar performa motor tetap prima.

Periksa kondisi aki

Kondisi aki motor Anda juga penting untuk Anda perhatikan. Motor dengan teknologi injeksi sangat bergantung pada kondisi aki untuk menghidupkan mesin pada sistem pembakaran. Nah, jika Anda memiliki motor injeksi, pastikan agar Anda selalu memastikan kondisi aki motor.

Merawat busi

Selain aki, Anda juga harus memperhatikan kondisi busi. Busi merupakan pemantik api yang penting dalam proses pembakaran pada mesin. Oleh sebab itu, penting untuk memeriksa busi secara berkala agar bisa memaksimalkan pembakaran pada mesin. Jika busi motor Anda mengalami kerusakan, proses pembakaran pada mesin tidak sempurna sehingga mesin kurang bertenaga dan motor tidak bisa menyala. Nah, jika busi motor Anda sudah tidak menghidupkan api secara maksimal, sebaiknya lakukan penggantian dengan.

Berikan servis secara berkala

Pemberian servis secara berkala merupakan cara yang sangat penting untuk merawat kondisi motor injeksi agar tetap prima, minimal setiap tiga bulan sekali. Usahakan Anda melakukan servis motor injeksi di tempat resmi dengan standar yang sudah ditentukan.

Demikianlah tips merawat motor injeksi yang dapat Anda lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.