BMW M4 CS Terbaru Resmi Melantai di India, Harganya Tembus Rp3 Miliar
JAKARTA - BMW resmi membawa M4 CS terbaru untuk pasar India. Mobil ini diposisikan di atas dari varian Competition dengan sejumlah perubahan baik dari sisi penampilan maupun performa.
Melansir dari Autocar India, Senin, 7 Oktober, tipe tertinggi dari seri M4 ini dibanderol mulai dari 18,9 juta rupee atau setara dengan Rp3,52 miliar. Ini merupakan model varian CS pertama yang dihadirkan di negara tersebut.
Mobil ini didukung oleh sejumlah penyetelan personalisasi dan pengaturan camber pada roda, peredam pegas, dan batang anti-roll yang dibuat secara khusus untuk mengoptimalkan gaya berkendara presisi.
Demi memaksimalkan kapasitas dari M4 CS, BMW memberinya peredam suspensi M adaptif yang dapat diatur secara elektronik. Selain itu, dihadirkan juga sistem Dynamic Stability Control (DSC) dan M Dynamic Mode yang dapat menyesuaikan kebutuhan spesifik berkendara di sirkuit secara dinamis.
BMW menggunakan komponen yang terbuat dari Carbon Fibre-Reinforced Plastic (CFRP) yang berperan dalam meringankan bobot kendaraan ini. Atap serat karbon adalah contoh utama, bobotnya yang ringan membuat pusat gravitasi mobil lebih dekat ke jalan sehingga meningkatkan kelincahan dan dinamika menikung.
Kap mesin, splitter depan, saluran masuk udara depan, tutup kaca spion luar, diffuser belakang, dan spoiler belakang bergaya Gurney juga dibuat dari bahan ringan dan berteknologi tinggi ini.
Interior juga menggunakan bahan ini pada bagian konsol tengah, shift paddle di belakang kemudi, dan elemen trim interior. Model edisi khusus ini juga hadir sebagai standar dengan jok bucket M Carbon, yang konstruksinya meminimalkan bobot dengan menonjolkan penggunaan CFRP pada elemen struktural bantalan dan sandaran kursi serta potongan yang menarik pada bagian belakang.
Selain itu, sistem pembuangan hadir lebih ringan 4 kg berkat penggunaan peredam belakang berbahan titanium. Jadi, secara keseluruhan, desain ringan membuat bobot mobil ini turun sekitar 20 kilogram dibandingkan M4 Competition Coupé M xDrive.
Baca juga:
Menenagai M4 CS ialah mesin 6-silinder segaris dengan tenaga mencapai 550 dk atau meningkat 20 dk dari versi Competition Coupe, dengan torsi hingga 650 Nm.
Mesin dengan tenaga gahar ini didukung dengan transmisi delapan percepatan M Steptronic dengan Drivelogic serta sistem penggerak all-wheel drive M xDrive yang dikembangkan secara khusus.
Dengan demikian, mobil sedan sporty ini dapat berlari dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,4 detik dan 0 ke 200 km/jam dalam 11,1 detik saja. M4 edisi spesial ini dapat berlari dengan kecepatan maksimal mencapai 302 km/jam.