Didampingi Ibu Negara Iriana, Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan HUT TNI ke-79 di Monas

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri upacara peringatan HUT TNI ke-79 di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, pada Sabtu pagi bertindak sebagai inspektur upacara. Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 07.30 WIB, didampingi Ibu Negara Iriana, putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka, serta cucunya Jan Ethes.

Setibanya di Monas, dilansir dari ANTARA, Sabtu, 5 Oktober, Presiden Jokowi disambut oleh Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di depan mobil RI-1. Di area Mimbar Kehormatan, ia juga disambut oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto beserta sejumlah pejabat TNI-Polri.

Upacara diawali dengan penampilan drumband dari para taruna Akademi Militer, serta atraksi udara yang melibatkan pesawat Cessna dan Rajawali Laut di sekitar langit Monas. Setelah itu, pasukan upacara dari 22 batalyon TNI memasuki lapangan, disusul kedatangan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Upacara HUT TNI ke-79 kali ini dipimpin oleh Komandan Upacara Mayjen TNI Djon Afriandi, yang saat ini menjabat sebagai Komandan Jenderal Kopassus dan merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1995.

Presiden Jokowi didampingi Panglima TNI Agus Subianto melakukan pengecekan pasukan dengan berkeliling lapangan upacara menggunakan mobil taktis Maung Pindad.

Acara inti HUT TNI Ke-79 bertema "Nusantara Baru, Indonesia Maju" itu meliputi laporan resmi, penghormatan kebesaran, serta penganugerahan tanda kehormatan.

Setelahnya, berbagai demonstrasi dari satuan gabungan TNI seperti free fall, pasukan berkuda, dan atraksi pesawat tempur tampil memukau para penonton.

Acara diakhiri dengan penampilan musik dari berbagai artis ternama, termasuk Ari Lasso, Dewa 19 dan Slank, serta prosesi pemotongan tumpeng yang melibatkan Presiden dan tokoh masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Puan Maharani, Wakil Presiden Ke-6 RI Tri Sutrisno, Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 RI Jusuf Kalla, Wapres Ke-11 RI Budiono, dan Istri dari Presiden RI Ke4 Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah Abdurahmman Wahid.

Selain itu juga hadir para ketua lembaga tinggi negara beserta perwakilan dari duta besar negara sahabat.

Hadir mendampingi Presiden Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Sekretaris Negara sekaligus Plt Sekretaris Kabinet Pratikno.

Selain itu juga hadir jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM), di antaranya Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.