6 Manfaat Madu bagi Kesehatan Kulit Wajah serta Cara Penggunaannya

JAKARTA - Dalam upaya mendapatkan kulit bersih, banyak orang kini mulai menggunakan pengobatan rumahan, terbuat dari bahan-bahan mudah ditemukan di rak dapur. Sementara produk-produk komersial memberikan hasil cepat, menggunakan bahan-bahan alami, seperti madu, dapat terbukti lebih bermanfaat menjaga kesehatan kulit dalam jangka panjang. 

Mengoleskan madu pada wajah bukanlah praktik zaman baru, orang-orang telah menggunakan bahan alami ini untuk mendapatkan kulit sehat selama berabad-abad. Dr. Sravya C Tipirneni, Kepala Konsultan Dermatologis & Ahli Kosmetologi di Rumah Sakit Manipal, dikutip Pinkvilla, Jumat, 4 Oktober menyebutkan,

“Madu memiliki sifat antimikroba dan anti peradangan, menjadikannya pilihan populer menenangkan kulit teriritasi dan mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, kualitas humektannya membantu menarik dan mempertahankan kelembapan.”

Berikut informasi manfaat madu bagi kesehatan kulit beserta cara menggunakannya agar dapatkan hasil terbaik.

Membantu Mengobati dan Mencegah Jerawat

Jerawat menghilangkan kecantikan alami wajah, sehingga kulit menjadi kusam. Jerawat muncul dalam berbagai bentuk, termasuk komedo putih, komedo hitam, papula, jerawat kecil, dan jerawat kistik. Mikroba kulit memainkan peran penting dalam timbulnya jerawat pada kulit. Ketika mikrobiota kulit alami terganggu, bakteri dan elemen berbahaya lainnya dapat masuk ke dalam kulit, sehingga menyebabkan jerawat.

Madu secara efektif mengendalikan dan mencegah jerawat, semua berkat sifat antimikrobanya sehingga mencegah patogen memasuki kulit dan merusaknya. Selain itu, madu dikenal dapat menghambat pertumbuhan mikroba yang bertanggung jawab atas infeksi luka dan masalah kulit lainnya. Menjadikannya pilihan aman untuk jerawat.

Melembabkan Kulit

Mengoleskan madu pada wajah tidak hanya akan membantu melawan jerawat, tetapi juga menjaga kulit tetap terhidrasi agar lapisan pelindung kulit tetap kuat. Menurut sebuah penelitian, sifat humektan dan emolien kuat pada madu menjadikannya pelembap kulit luar biasa. Hidrasi optimal akan menghasilkan kulit bebas kerutan dan memiliki pH seimbang. 

Membantu Menenangkan Kondisi Kulit Kering

Berbagai kondisi kulit kering seperti eksim, dermatitis, psoriasis, dan sebagainya dapat menyebabkan rasa gatal, bersisik, dan kasar pada kulit. Sehingga kondisi tersebut membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan dan mengganggu saat ingin tidur nyenyak. Namun, dengan madu, mengatasi masalah kulit ini menjadi mudah. ​​Ya, madu dengan sifat antiradang dan antimikroba kuat membantu melawan peradangan dan meredakan gejala eksim.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Madu telah digunakan untuk membalut luka selama berabad-abad. Madu merangsang pelepasan sitokin, yang membantu memulai dan meningkatkan proses perbaikan jaringan. Ditambah lagi, karena adanya bioaktivitas, madu banyak digunakan membalut luka. Dr. Sravya menambahkan, “Madu telah digunakan secara tradisional untuk luka kecil, goresan, dan luka bakar. Namun, penting berkonsultasi dengan dokter untuk luka serius.”

Memiliki Manfaat Anti-aging

Menggunakan madu pada kulit dapat membantu menghilangkan kerutan, garis-garis halus, dan tanda-tanda penuaan kulit lainnya. Madu dalam formulasi kosmetik berupa susu pembersih, krim, losion, dan salep bibir telah terbukti menghentikan pembentukan kerutan dan meningkatkan hidrasi kulit. Kerusakan akibat sinar matahari dapat menyebabkan banyak kerusakan pada kulit, mengakibatkan munculnya tanda-tanda penuaan bahkan saat Anda berusia 20-an atau 30-an.

Penelitian lain mengungkapkan bahwa madu Yunani memiliki sifat antioksidan dan fotoprotektif yang melindungi kulit dari kerusakan oksidatif serta kerusakan molekuler yang disebabkan oleh sinar UV. Dengan menjaga kulit terlindungi dari kerusakan akibat sinar matahari, madu membantu menunda tanda-tanda penuaan dini dan mengurangi risiko munculnya garis-garis halus, bintik hitam, bintik-bintik penuaan, dan kerutan.

Membantu Mendapatkan Kulit Bercahaya

Madu menawarkan kulit sehat. Dengan sifat humektan, emolien, antioksidan, dan anti penuaan, madu sangat bermanfaat bagi kulit tanpa merusaknya. Baik itu menghidrasi kulit atau melawan bakteri penyebab jerawat, madu memiliki semua jawaban yang dibutuhkan kulit Anda. Gunakan madu secukupnya atau sesuai anjuran dokter kulit dan dapatkan kulit bercahaya.

Menggunakan madu sebagai perawatan wajah dapat dilakukan dalam beberapa cara, yakni:

Pembersih Wajah: Salah satu cara paling efektif menggunakan madu bagi kulit rentan berjerawat yaitu menggunakannya dalam bentuk pembersih wajah. Madu menghilangkan kotoran, debu, dan kotoran lain dari kulit dengan lembut tanpa membuatnya kasar di kulit. Anda bisa membeli pembersih wajah madu yang sesuai dengan jenis kulit atau cukup campurkan satu sendok teh madu dengan sabun cuci muka biasa.

Pelembab: Bagi yang berjuang melawan masalah kulit kering, sangat penting berinvestasi pada moisturizer. Sebagai humektan, madu menarik air ke dalam kulit, membuatnya lembut dan kenyal. Anda bisa menggunakan madu organik yang belum diproses langsung pada kulit dan pijat wajah guna dapatkan kulit ternutrisi. Atau menggunakan pelembab dengan madu sebagai bahan utama menambah kelembapan dan mengisi kembali kulit dehidrasi.

Minyak Wajah: Minyak wajah dari madu dikemas dengan antioksidan alami dan nutrisi lain yang membantu meningkatkan produksi kolagen dan menghasilkan warna kulit merata. Menggunakan minyak wajah yang madu atau menambahkan beberapa tetes madu ke minyak wajah biasa dapat membantu menghaluskan warna kulit dan mengurangi munculnya noda dan kerutan.

Masker Wajah: Masker madu untuk wajah bila dicampur dengan bahan-bahan lain amah kulit, dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Manfaat madu untuk wajah antara lain mengatasi kekeringan hingga memperkuat elastisitas kulit.