Flyover Ciroyom Bandung Ditargetkan Beroperasi Oktober 2024

JAKARTA - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan melalui Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Bandung (BTP Bandung) telah merampungkan pembangunan Flyover Ciroyom. Flyover tersebut ditargetkan bisa beroperasi bulan depan.

Kepala BTP Bandung Endang Setiawan mengatakan demi menekan angka kecelakaan pada perlintasan sebidang KA, DJKA melalui Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Bandung melakukan penanganan perlintasan sebidang KA pada dua titik.

Endang menjelaskan penanganan yang dimaksud dengan membangun Flyover yang terdiri dari Flyover Ciroyom,  JPL 157B  dan Flyover Pusdikpom, JPL 150A.

Lebih lanjut, Endang bilang saat ini Flyover Ciroyom tengah persiapan untuk dioperasikan pada bulan depan. Dia mengatakan pembangunan flyover tersebut juga dilakukan demi mendukung operasi KA Feeder yang saat ini jadwal keberangkatannya telah bertambah banyak.

“Saat ini, proses pembangunan Flyover Ciroyom telah rampung dan target pengoperasian pada bulan Oktober 2024,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis, 3 Oktober,

Sementara itu, sambung Endang, untuk Flyover Pusdikpom progres pembangunannya telah mencapai 24,9 persen.

Sebelumnya diberitakan, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung menyampaikan, akses jalan layang atau Flyover Ciroyom hingga saat ini masih dalam pengerjaan dan belum dapat dilintasi oleh masyarakat.

“Kita jelaskan flyover sendiri sebetulnya belum untuk digunakan untuk umum, keadaannya masih dalam pembenahan. Karena ini juga harus ada rambu yang ditambah,” kata Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Eko Iskandar di Bandung, dilansir dari Antara, Senin, 20 Mei.

Ada sejumlah perbaikan di dalam struktur jalan layang tersebut untuk memastikan keselamatan dan kelancaran lalu lintas saat Flyover Ciroyom nantinya resmi dibuka bagi masyarakat umum.

“Kemudian ada beberapa poin yang harus dirapikan dulu sehingga nanti bisa dilewati,” katanya.