Anak Menkumham Terpilih Jadi Wakil Ketua MPR 2024-2029 dari Unsur DPD

JAKARTA - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) akhirnya menunjuk Abchandra Muhammad Akbar Supratman sebagai wakil ketua MPR dari unsur DPD. Putra sulung Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Supratman Andi Agtas itu ditunjuk seusai terpilih lewat hasil pemungutan suara atau voting yang dilakukan lewat dua putaran rapat paripurna DPD, Kamis 3 Oktober.

"Dengan demikian, suara terbanyak dan dinyatakan terpilih untuk mewakili DPD di MPR sebagai wakil ketua MPR adalah Abchandra Akbar," kata Wakil Ketua DPD Tamsil Linrung selaku pimpinan rapat, Kamis pagi.

Proses pemilihan wakil ketua MPR dari kelompok DPD berlangsung dalam dua putaran. Pasalnya, pada putusan pertama, tidak ada calon wakil ketua MPR dari kelompok DPD yang mencapai suara plus satu.

Pada putaran pertama, Abchandra Akbar unggul atas lima calon lainnya dengan memperoleh 45 suara. Sementara, Fadel Muhammad memperoleh 38 suara, Daud Yordan 29 suara, Agustin Teras Narang memperoleh 17 suara, AA Ahmad Nawardi memperoleh 13 suara, dan Maya Rumantir satu suara. Total jumlah suara sebanyak 143 DPD.

"Dengan demikian, saudara-saudara sekalian, karena ini tidak ada yang mencapai 50 plus 1 maka kita akan melakukan pemutaran suara kembali untuk putaran kedua, yang masuk putaran kedua adalah Abcandra dengan Fadel Muhammad. Nomor urut kelima dan keenam," ungkap Tamsil.

Dalam putaran kedua, Abchandra kembali unggul atas Fadel Muhammad yang merupakan wakil ketua MPR periode 2019-2024 tersebut. Abcandra Akbar meraih suara 93 dan Fadel Muhammad hanya 50 suara.

Diketahui, hari ini, MPR menggelar rapat paripurna penetapan ketua dan wakil ketua MPR periode 2024-2029 di gedung DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta. Rapat paripurna MPR ini dijadwalkan digelar mulai pukul 10.00 WIB.

Ketua MPR 5 tahun mendatang sudah disepakati oleh pimpinan fraksi dan perwakilan DPD sebelumnya, yakni Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani. Muzani akan didampingi oleh delapan wakil ketua MPR. Sejumlah nama perwakilan fraksi sudah disebut-sebut bakal menjadi wakil ketua MPR, yakni Bambang Pacul (PDIP), Rusdi Kirana (PKB), Kahar Muzakir (Golkar), Edy Soeparno (PAN), Hidayat Nur Wahid (PKS) dan Lestari Moerdijat (Nasdem).

Sementara wakil ketua MPR dari Fraksi Demokrat belum diungkap ke publik. Lalu, wakil ketua MPR periode 2024-2029 dari kelompok DPD adalah Abchandra Muhammad Akbar Supratman.