Mengenal Tema dan Ikon Hari Batik Nasional 2024

JAKARTA - Hari Batik Nasional diperingati pada 2 Oktober setiap tahunnya. Di tahun ini, Hari Batik Nasional (HBN) mengusung tema “Bangga Berbatik”, yang ditetapkan oleh Yayasan Batik Indonesia (YBI).

Berdasarkan unggahan Instagram resmi YBI, tema tersebut bertujuan untuk mendorong masyarakat Indonesia semakin sering menggunakan batik dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan batik dinilai sebagai bentuk dukungan terhadap pengrajin dan pengusaha batik.

Tak hanya mengungkapkan tentang tema, YBI juga memperkenalkan ikon untuk peringatan Hari Batik Nasional 2024. Ikon tersebut adalah batik gedog dari Tuban, Jawa Timur.

Batik gedog merupakan batik khas masyarakat Kabupaten Tuban, yang kainnya dibuat dengan ditenun. Batik ini memiliki motif berbentuk kotak-kotak atau garis hitam putih.

Pada perayaan Hari Batik Nasional 2024, YBI menggelar acara sesuai tema “Bangga Berbatik” di Kota Kasablanka, Jakarta, pada 2 sampai 6 Oktober. Acara ini diisi oleh berbagai kegiatan menarik, seperti fashion show, talkshow, workshop seputar batik, hingga hiburan musik.

Sementara itu, peringatan Hari Batik Nasional setiap tahunnya merupakan momen penting, karena batik merupakan simbol kekayaan budaya Indonesia yang mendunia. Hari Batik Nasional juga menandai pengakuan UNESCO terhadap batik sebagai Warisan Budaya Tak Benda pada 2 Oktober 2009.

Pengakuan UNESCO tersebut terjadi dalam sidang ke-4 Komite Antar Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak Benda di Abu Dhabi. Sejak diakui UNESCO, setiap tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional melalui Keputusan Presiden No. 33 Tahun 2009.