KPU: Fasilitas Hotel Bintang 5 untuk Anggota DPR Terpilih Tradisi 5 Tahunan

JAKARTA - Anggota KPU Betty Epsilon Idroos menjelaskan pemberian fasilitas hotel bintang lima untuk calon anggota legislatif (caleg) terpilih periode 2024—2029 adalah tradisi 5 tahunan yang biasa dilakukan.

"Ini bukan pertama kali digelar. Setiap 5 tahun sekali sebelum calon anggota DPR dan DPD RI terpilih dilantik, KPU menggelar acara serupa," kata Betty dikutip ANTARA, Senin, 30 September.

Menurut dia, agenda pelantikan calon anggota DPR dan DPD terpilih masih merupakan bagian, tahapan, dan program pemilu dari KPU.

"Agenda terkait pelantikan anggota DPR dan DPD terpilih masih merupakan bagian, tahapan dan program pemilu," ujarnya.

Selain itu, dia menuturkan KPU juga akan melakukan serah terima calon anggota DPR dan DPD terpilih kepada Sekretariat Jenderal DPR, DPD, dan MPR sesaat sebelum pelantikan pada hari Selasa (1/10) besok.

"Mengingat banyaknya anggota DPR dan DPD, KPU membagi ke tiga lokasi sebagai lokasi registrasi dan menginap. Sekaligus persiapan gladi bersih pelantikan yang akan diselenggarakan 1 Oktober 2024," jelas dia.

Sebelumnya, Betty mengatakan KPU menyediakan fasilitas mewah hotel bintang lima untuk 580 caleg terpilih sebelum mengikuti pelantikan. Fasilitas menginap itu diberikan terhitung Minggu (29/9) sampai dengan Selasa (1/10).

"Kami perlu sampaikan bahwa mulai malam ini Bapak/Ibu sudah kami siapkan penginapan di tiga hotel," ungkap Betty di Gedung Lemhannas, Jakarta, Minggu.

"Ini saya harus sampaikan, di Hotel Ayana atau Fairmont atau Shangri-La untuk persiapan pelantikan pada tanggal 1 Oktober 2024,” katanya.