Hasil MotoGP Mandalika 2024: Jorge Martin Amankan Podium, Bagnaia Mengekor di Posisi Ketiga 

JAKARTA - Pebalap Prima Pramac Racing, Jorge Martin berhasil mengamankan podium pertama di MotoGP Mandalika. Dalam balapan utama yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Minggu, 29 September siang, Jorge Martin menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 41 menit 4,389 detik. 

Dibelakang Jorge Martin mengekor Pedro Acosta dan Francesco Bagnaia yang naik ke podium kedua dan ketiga. Sementara di posisi keempat dan kelima ada Franco Morbidelli dan Marco Bezzecchi, tapi nama Marc Marquez justru terlempar dari posisi lima besar. 

Saat balapan berlangsung, Jorge Martin yang berada di pole position langsung dikuntit Enea Bastianini. Tapi Martin tampak tak mau mengulangi kesalahan yang dibuat pada sesi Sprint Race.

Sebuah insiden besar terjadi tak lama setelah start. Masih di sektor satu Sirkuit Mandalika Pertamina, empat pembalap crash.

Aleix Espargaro, Alex Marquez, Jack Miller, dan Luca Marini harus menyudahi impian meraih poin dalam balapan kali ini. Bendera kuning pun sempat berkibar, namun peringatan tersebut sudah dicabut pada saat balapan memasuki lap ketiga.

Sementara Martin yang bisa memimpin balapan sejak start tak terkejar. Persaingan perebutan peringkat kedua melibatkan Enea Bastianini dan Pedro Acosta.

Bastianini lantas disalip Franco Morbidelli dan Marco Bezzecchi. Sedangkan Francesco Bagnaia tertahan di peringkat keenam dan bersaing dengan Marc Marquez dan Fabio Di Giannantonio.

Memburu persaingan sengit dalam perebutan peringkat keenam melibatkan Bagnaia, Marquez, dan Di Giannantonio. Marquez dan Di Giannantonio bahkan sempat saling salip dalam perebutan peringkat ketujuh.

Sempat mengamankan posisi dari kejaran Marquez, Di Giannantonio lantas terjatuh pada saat balapan memasuki lap kedelapan. Acosta yang terus mencoba mendekati Martin masih terpaut sekitar satu detik dengan sang pemimpin lomba.

Sementara Morbidelli, Bezzecchi, dan Bastianini tertinggal sekitar 1,2 hingga 1,3 detik dari Acosta. Bagnaia mulai mendekati rombongan tiga pembalap di depannya setelah melewati lap ke-10 sekaligus meninggalkan Marquez.

Motor Marquez kemudian terliat mengeluarkan api ketika balapan memasuki lap ke-11. Saat Martin dan Acosta terpisah jarak sekitar 0,6 detik, Morbidelli, Bastianini, Bezzecchi terlibat konvoi yang seru.

Sementara Bagnaia agak tertinggal dengan jarak 0,5 detik dari pembalap yang sedang memperebutkan posisi ketiga. Bastianini menyalip Morbidelli pada lap ke-16.

Pembalap tim pabrikan Ducati itu langsung mencoba melesat untuk mendekati Acosta yang masih terus membuntuti Martin. Seperti hendak mengulang cerita akhir lap yang dramatis di MotoGP Emilia Romagna akhir pekan lalu, Bastianini terus memacu motor mendekati dua pembalap.

Ketika memasuki lap ketujuh, Bastianini terjatuh. Martin kemudian menjauh dari kejaran Acosta. Selisih 1,7 detik tercipta saat balapan tersisa lima lap lagi.

Bagnaia kemudian melakukan manuver untuk melewati Morbidelli dan Bezzecchi sehingga menduduki peringkat ketiga. Martin kian tak terkejar menjelang akhir balapan. Acosta pun nyaman di peringkat kedua, dan Bagnaia juga menjauh dari dua pembalap di belakangnya.

Martin mempertahankan posisi dan menjadi pembalap pertama yang melewati garis finis, diikuti Acosta, dan Bagnaia.