Film Bird Milik Andrea Arnold Jadi Penutup Jakarta World Cinema 2024

JAKARTA - Festival film Jakarta World Cinema (JWC) resmi ditutup pada Sabtu, 28 September setelah digelar selama delapan hari. Ada 120 film dari 61 negara sukses meraup 9.000 penonton secara luring dan 5.000 penonton secara daring di KlikFilm.

Film Bird karya Andrea Arnold menjadi film yang menutup penyelenggaraan festival film. Film Bird dibintangi oleh Barry Keoghan, Franz Rogowski, Nykiya Adams, dan lainnya.

Festival tahun ini menampilkan berbagai judul terkenal, termasuk Emilia Perez karya Jacques Audiard, Caught by the Tides oleh Jia Zhang-ke, All We Imagine As Light oleh Payal Kapadia, The Seed of the Sacred Fig oleh Muhammad Rasoulof, A Traveler’s Needs oleh Hong Sang-soo, dan Grand Tour oleh Miguel Gomes, yang semuanya mendapat sambutan hangat dari penonton.

Audience Award untuk JWC 2024 diberikan kepada The Substance, sebuah film dengan pesan kuat yang luar biasa, dan berhasil memukau para penonton festival.

First Feature Competition dimenangkan oleh Brief History of a Family yang menjadi debut penyutradaraan sutradara Jianjie Lin. Sementara itu, penghargaan First Feature Competition kategori Best Film jatuh kepada film berani dan provokatif Girls Will Be Girls.

“Film ini berhasil meramu pendekatan genre yang begitu familiar dan membawa ke sebuah level yang begitu segar dan tidak kehilangan kesederhanaan,” kata Lola Amaria selaku salah satu juri JWC 2024.

“Pengalaman menyaksikan antusiasme dari para pembuat film dan penonton sangat fenomenal. Keberagaman film dan suara yang ditampilkan tahun ini menyoroti peran JWC yang semakin berkembang sebagai ruang di mana sinema global dapat berkembang. Kami berharap dapat memperluas tradisi ini di tahun-tahun mendatang,” ujar Shandy Gasella selaku festival director JWC 2024.

“Terima kasih kepada teman-teman yang membesarkan Jakarta World Cinema sejak tahun pertama. Pemrograman kami tahun ini dirancang untuk mencerminkan kekayaan sinema dari berbagai penjuru dunia. Dari film pendek eksperimental hingga film pemenang penghargaan, kualitas dan keberagaman film yang dihadirkan sangat luar biasa. Kami sangat senang dengan sambutan positif dan kesempatan untuk membawa cerita-cerita ini ke Jakarta,” kata Daniel Irawan selaku program director.