Jorge Martin Tak Sangka Bisa Rebut Pole dan Catat Rekor di MotoGP Mandalika 2024

JAKARTA - Jorge Martin tampil gemilang pada sesi Kualifikasi MotoGP Mandalika 2024, Sabtu, 28 September 2024, pagi WIB.

Pebalap Pramac Ducati, yang disingkirkan dari posisi terdepan oleh Enea Bastianini pekan lalu di Misano itu, juga memecahkan rekor lap sepanjang masa pada putaran pertamanya.

Martin mencatatkan rekor baru 1 menit 29,088 detik yang membuatnya unggul hampir satu detik dari para pesaingnya saat pergantian ban di tengah jalan.

Pebalap Spanyol itu tidak menyadarinya, tetapi posisi terdepan sudah diamankan.

Beruntung bagi Martin, kekacauan terjadi kepada para pesaing kuatnya. Banyak crash terjadi, Marc Marquez termasuk yang mengalaminya sebanyak dua kali.

Crash pertama Marquez terjadi di Tikungan 15 yang menyebabkan yellow flag berkibar. Dia tampak kesulitan menyeimbangkan motor sehingga mengalami low side dan berakhir di gravel.

Tidak berapa lama, giliran Enea Bastianini yang jatuh di Tikungan 16. Kemudian, Marquez yang tak ingin menyerah mencoba peruntungannya lagi mengejar catatan waktu Jorge Martin yang tampak nyaman.

Marquez segera berganti motor untuk kembali ke lintasan. Sayang, ia terjatuh lagi di Tikungan 10 pada lima menit terakhir.

"Saya sangat senang. Hari ini saya merasa hebat. Saya telah membalap dengan banyak ban bekas."

"Jadi, saya mengharapkan langkah besar untuk kualifikasi, tetapi mungkin tidak sebanyak itu!" kata pebalap Pramac Ducati tersebut dilansir Crash.

"Putaran pertama berjalan dengan sempurna. Jadi, ini selalu menyenangkan karena dengan begitu saya bisa mengubah strategi," katanya lagi.

Catatan waktu Jorge Martin tidak ada yang mengejar hingga sesi Kualifikasi berakhir. Dia unggul 0,535 detik dari Marco Bezzecchi yang ada di posisi kedua.

Jorge Martin akan memulai Sprint Race hari ini pukul 15.00 WIB dari posisi terdepan. Begitu pun ketika melakoni balapan pada Minggu, 29 September 2024.

Saat ini, Jorge Martin punya keunggulan 24 poin atas juara bertahan Francesco Bagnaia, di klasemen pebalap MotoGP 2024.

Bagnaia mengakhiri Kualifikasi MotoGP Mandalika 2024 di posisi keempat.