3 Cara Menghilangkan Lem di Baju, Pakaian Kembali Bersih

YOGYAKARTA – Cara menghilangkan lem di baju ternyata cukup mudah. Dengan tips sederhana, baju atau pakaian yang terkena lem bisa segera dibersihkan sehingga kembali nyaman dipakai.

Seperti yang kita tahu, lem memiliki sifat yang lengket dan sulit larut dalam air. Jenis lem yang menempel di baju juga memengaruhi tingkat kesulitan dalam membersihkannya. Umumnya, lem yang berbasis air lebih mudah dihilangkan ketimbang lem yang berbasis minyak.

Cara Menghilangkan Lem di Baju

Lem yang menempel di baju sebaiknya dibarkan dulu sampai mengering, agar lebih mudah dikikis dan tidak sulit untuk dibersihkan.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara menghilangkan lem di baju yang bisa Anda coba:

1. Cara Menghilangkan Lem Super yang Menempel di Baju

Lem super adalah perekat yang terbuat dari cyanoacrylate, resin akrilik yang dapat menyambungkan permukaan secara instan.

Jenis le mini dapat merekatkan permukaan seperti plastik, porselen, atau kayu. Lem super termasuk jenis perekat yang cepat mengering juga sudah menempel di permukaan benda.

Jika  lem super menempel di baju, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, ada cara menghilangkan lem super yang menempel di baju cukup mudah. Berikut caranya:

  • Biarkan lem benar-benar kering sebelum mencoba menghilangkannya dari kain.
  • Lakukan tes warna, celupkan kapas ke dalam penghapus cat kuku berbahan dasar aseton dan gosokkan kapas pada jahitan bagian dalam untuk memastikan larutan tida merusak atau mengubah warna kain.
  • Supaya noda lem tidak menyebar, kerjakan dari luar noda ke dalam. Olesi noda dengan kapas, lalu gunakan kapas bersih saat lem mulai berpindah. Anda mungkin perlu mengulangi proses ini di kedua sisi kain.
  • Jika lem sudah hilang, gosokkan sedikit deterjen dan cuci seperti biasa.

2. Cara Menghilangkan Lem Putih Cair yang Menempel di Baju

Lem putih cair adalah jenis perekat yang banyak digunakan untuk keperluan sekolah, seperti kerajinan tangan.

Berikut cara ampuh hilangkan lem putih cair yang menempel di baju:

  • Siram area yang terkena lem dengan air dingin dari bagian belakang kain untuk memaksa keluar lem.
  • Bilas dan cuci kain seperti biasa dengan deterjen.
  • Jika lem sudah kering, gunakan pisau tumpul atau ujung kartu plastik untuk menghilangkan lem kering.

3. Cara Menghilangkan Lem Glitter yang Menempel di Baju

Lem glitter merupakan produk perekat yang digunakan untuk menghias dan mengkreasikan hasil kerajinan tangan.

Sebagai produk kombinasi, jenis lem ini menggabungkan lem putih sederhana dengan pewarna dan glitter. Jika menempel di baju, noda lem glitter cukup sulit untuk dihilangkan.

Cara menghilangkan lem glitter yang menempel di baju bisa berbeda-beda, tergantung pada apakah lem basah atau sudah kering. Berikut langkah-langkahnya:

  • Jika lem yang menempel di baju sudah kering, Anda bisa menggunakan pisau tumpul atau tepi kartu plastik untuk menghapus noda lem kering sebanyak mungkin.
  • Mulailah dengan membasahi area dengan air dingin.
  • Berikutnya, campurkan larutan pemutih berbasis oksigen dan air dingin, mengikuti petunjuk kemasan.
  • Rendam pakaian seluruhnya dan biarkan terendam setidaknya selama delapan jam. Langkah ini bisa menghilangkan komponen pewarna.
  • Jika noda lem menghilang setelah merendam pakaian, cuci baju seperti biasa. jika masih menempel, campurkan larutan baru dan ulangi proses ini.

Demikian informasi tentang cara menghilangkan lem di baju. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.