10 Film yang Menginspirasi Terkait Hidup, Penuh Pesan Berharga dan Semangat

YOGYAKARTA – Film bukan hanya sekedar hiburan, tapi juga menjadi sumber inspirasi dan motivasi yang mendalam. Simak 10 film yang menginspirasi terkait hidup dalam ulasan berikut ini.

Banyak film yang menyajikan kisah-kisah nyata atau fiksi yang mampu menyentuh hati dan mengubah perspektif seseorang tentang kehidupan.

Film-film dengan narasi dan karakter yang kuat terbukti dapat menginspirasi penonton untuk belajar, tumbuh, dan mencapai impian mereka.

10 Film yang Menginspirasi Terkait Hidup

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah 10 film yang menginspirasi terkait hidup: 

  1. The Pursuit of Happyness (2006)

Film yang dibintangi oleh Will Smith ini menceritakan kisah nyata seorang ayah tunggal yang berjuang keras untuk keluar dari kemiskinan demi masa depan anaknya. Kisah perjuangan dan keteguhan hatinya menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Perlu diketahui, The Pursuit of Happyness merupakan film yang diadaptasi dari memoir terlaris pada 2006 karya Gardner dan Quincy Troupe.

Film ini disambut hangat oleh publik dan mendapat ulasan positif dari kritikus film. Bahkan, The Pursuit of Happyness turut mengantarkan Will Smith ke Oscar dan Globe untuk nominasi Aktor Terbaik

  1. Miracle in Cell No. 7 (2013)

Miracle I Cell No. 7 bercerita tentang seorang ayah bernama Lee Yong Go, penderita cacat mental yang dipenjara lantaran dituduh melakukan pelecehan seksual dan juga membunuh seorang anak kecil.

Dalam film itu, karakter Lee Yong Go mempunyai seorang anak perempuan bernama Ye Sung yang cerdas hingga pada saat dewasa menjadi seorang pengacara dan akhirnya bisa membuktikan kalau ayahnya tidak bersalah.

Film ini wajib ditonton bagi Anda yang ingin mendapatkan makna kehidupan dari perjuangan seorang anak untuh ayahnya.

  1. Like a Star on Earth a.k.a Taare Zameen Par (2007)

 Film bertajuk Like a Star on Earth a.k.a Taare Zameen Par juga termasuk 10 film yang menginspirasi terkait hidup.

Film mengisahkan seorang anak laki-laki berusia 8 tahun bernama Ishaan Nandkishore Awasthi (Darsheel Safary) yang mengalami kelainan disleksia. Dia selalu dimarahi oleh gurunya di sekolah sebab selalu gagal dalam belajar maupun ujian.

Meski dianggap sebagai murid yang bodoh, Ishaan ternyata sangat pandai menggambar dan melukis. Bakatnya ini diketahui oleh Ram Skankar Nikumbh (Amir Khan), guru kesenian pengganti di sekolah Ishaan.

Bersama guru Ram, Ishaan berusaha belahar sesuai dengan kesukaan dan kemampuannya. Alhasil, Ishaan berhasil menciptakan lukisan yang sangat indah di sebuah kompetisi dan membuat orang tuanya bangga.

Kisah Ishaan dan guru Ram berhasil membuat jutaan penonton terharu. Film ini sangat cocok untuk ditonton karena sangat menginspirasi.

  1. Laskar Pelangi (2008)

Film ini merupakan hasil adaptasi dari novel dengan judul yang sama. Laskar Pelangi menjadi salah satu tontonan yang menginspirasi terkait hidup lantaran menceritakan tentang anak-anak di Pulai Belitung yang harus bersekolah dengan fasilitas dan gedung yang tidak layak dan hampir ditutup.

Meski harus menimba ilmu dengan fasilitas yang tidak memadai, anak-anak tersebut justru berhasil menorehkan prestasi.

Film ini dianggap bisa memberikan makna kehidupan, terutama kepada anak-anak agar hiat dan tekun, apalagi mendapatkan fasilitas sekolah yang baik.

  1. Slumdog Milionaire (2008)

Film ini menceritakan kisah Jamal Malik, seorang anak yatim piatu dari kawasan kumuh di India yang berhasil memenangkan kuis Who Wants to Be a Millionaire? melalui pengalaman hidupnya yang pahit.

Slumdog Millionaire mengajarkan bahwa setiap pengalaman hidup, baik atau buruk, memiliki arti dan dapat membawa kita menuju keberhasilan.

  1. The King’s Speech (2010)

Film ini mengisahkan tentang perjuangan Raja George (VI) dalam melawan keterbatasannya dalam berbicara atau gagap.

The King’s Speech seolah-olah ingin memberitahu penonton bahwa kesulitan bicara bukanlah sesuatu yang bersifat permanen, melainkan berdasarkan dari pikiran kita sendiri.

Di akhir film, Raja George berhasil mengatasi kegagapannya. Dia bahkan dikenal sebagai simbol perlawanan negara berkat pidato-pidato yang disampaikannya.

  1. The Imitation Game (2014)

Film ini bercerita tentang Alan Turing, seorang ahli matematika dan ilmuan komputer yang brilian. Alan membantu memecahkan kode Enigma Nazi selama Perang Dunia II.

Kisah Alan dalam The Imitation Game menunjukkan betapa pentingnya ketekunan dan pemikiran inovatif dalam mengatasi tantangan yang besar.

  1. Hidden Life (2019)

Film ini merupakan hasil adaptasi dari kisah nyata seorang petani Austria yang mentang wajib militer Nazi selama Perang Dunia II. Penolakannya itu membawanya masuk ke dalam penjara militer untuk diadili.

Hidden Life adalah kisah tentang keteguran moral dan pengorbanan untuk prinsip-prinsip yang benar.

  1. The Map of Tiny Perfect Things (2021)

The Map of Tiny Perfect Things bererita tentang dua remaja yang terjebak dalam suatu hari yang berulang-ulang di mana mereka menemukan momen-momen indah yang sering terlewatkan.

Film arahan Ian Samuels ini mengajarkan penonton untuk menghargai waktu dan memberikan banyak pelajaran tentang hidup.

  1. Tetris (2023)

Tetris mengisahkan tentang persaingan sengit saat Perang Dingin untuk mendapatkan hak lisensi permainan video Tetris dari Rusia.

Film ini menggambarkan perjuangan Hank rogers dari Bullet-Proof Software dalam merayu petinggi Nintendo, Hiroshi Yamauchi untuk menjalin kemitraan dalammemproduksi Tetris.

Tetris mengungkap negosiasi yang rumit, ancaman dari KGB, dan perjalanan mendebarkan Hank Rogers ke Moskow.

Dalam film Tetris, penonton disuguhi betapa susahnya memperjuangkan hak kekayaan intelektual karena rawan terjadi penipuan.

Demikian informasi tentang 10 film yang menginspirasi terkait hidup. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.