Chevrolet Groove Peroleh Nilai Nol Bintang saat Uji Tabrak, NCAP: Jangan Beli!

JAKARTA - Organisasi keselamatan independen untuk wilayah Amerika Latin, New Car Assessment Programme Latin America and Caribbean (Latin NCAP) baru-baru ini melaporkan hasil uji tabrak pada model Chevrolet Groove.

Diproduksi di China, mobil ini memperoleh nilai nol bintang dalam uji keselamatan tersebut. Chevrolet Groove saat ini menjadi salah satu mobil dengan penjualan terbaik di negara Chile.

Secretary General Latin NCAP Alejandro Furas, mendorong perusahaan induk, General Motors (GM) untuk segera meninjau kembali standar keselamatan yang lebih baik dengan segera meningkatkan fitur pada model tersebut.

“Kami mendorong GM untuk segera kembali ke standar keselamatan yang lebih baik dan segera mengganti atau meningkatkan Groove,” kata Furas dalam laman resmi Latin NCAP, Jumat, 27 September.

Pernyataan tegas juga diungkapkan oleh Latin NCAP Chairman Stephan Brodziak, dengan menyarankan konsumen untuk tidak membeli Groove sampai adanya perbaikan dari sisi keselamatan serta mendesak kepada pemerintah untuk menerapkan sistem pelabelan keselamatan pada kendaraan.

“Inisiatif ini akan memungkinkan pengambilan keputusan pembelian yang lebih baik dan mendorong standar keselamatan yang lebih tinggi di seluruh pasar di wilayah ini,” tambah Brodziak.

Chevrolet Groove dilengkapi dengan empat airbag dengan Electronic Stability Control (ESC) yang menjadi standar. Mobil ini memperoleh nilai 39,42 persen pada pengujian penumpang dewasa, kemudian 68,57 persen pada penumpang anak-anak, 36,37 persen untuk perlindungan pejalan kaki dan pengguna jalan lainnya, dan 58,14 persen pada Safety Assist.

Pada uji tabrak frontal, menunjukkan bahwa struktur dan area pijakan kaki yang tidak stabil sehingga memberikan perlindungan marginal pada dada, lutut, dan kaki pengemudi.

Perlindungan samping mendapat nilai baik di seluruh bagian bodi, namun struktur benturan samping menunjukkan kerusakan yang relevan di kompartemen penumpang.

Selain itu, mobil berwujud SUV tersebut tidak menawarkan pelindung kepala samping sebagai standar. Lebih lanjut, mobil ini tidak menawarkan sistem ADAS dan hanya tersedia dalam opsional saja.