Karakteristik Bahan Cotton Combed yang Paling Banyak Dipakai untuk Kaos

YOGYAKARTA - Siapa yang tidak suka dengan pakaian yang nyaman dan lembut di kulit? Nah, salah satu bahan yang sering dipilih untuk pakaian sehari-hari adalah cotton combed. Lantas bagaimana karakteristik bahan cotton combed?

Memiliki tekstur yang halus dan daya serap keringat yang baik, cotton combed menjadi favorit bagi banyak orang. Namun, apa sebenarnya yang membuat bahan ini begitu istimewa? Mari kita bahas lebih lanjut!

Apa yang dimaksud dengan katun?

Dilansir dari laman Learn Genetics, kapas adalah serat kapas alami yang paling banyak diproduksi di dunia. Serat kapas sendiri berasal dari tanaman kapas yang secara khusus tumbuh dari kulit biji - lapisan luar biji tanaman kapas.

Perlu diketahui, sebelum dapat diubah menjadi seprai atau kaos, biji kapas harus dipisahkan dari tanaman baru kemudian dipisahkan seratnya dari bijinya.

Jika Anda melihat dengan cermat jeans katun, kaus kaki katun, atau kapas, Anda akan melihat serat yang sangat halus, seperti rambut. Setiap serat kapas adalah satu sel.  Namun sebagian besar jenis sel sangat kecil sehingga Anda perlu menggunakan mikroskop yang kuat untuk melihatnya.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas 8 Model Celana Jeans yang Tak Pernah Ketinggalan Zaman

Tetapi serat kapas mudah terlihat dengan mata telanjang, mencapai panjang hingga 2 inci (5 cm). Bahkan, serat dari kapas domestik adalah sel terpanjang dari tanaman apa pun.

Kemudian untuk membuat benang untuk kain, serat individu saling tumpang tindih dan dipelintir. Serat yang lebih panjang lebih berharga daripada yang pendek, karena memerlukan tumpang tindih yang lebih sedikit dan dapat dianyam menjadi benang yang lebih halus.

Apa yang dimaksud dengan katun (freepik)

Karakteristik Bahan Cotton Combed

Dilansir dari laman Shirt Space, berikut ini beberapa karakter dari bahan kain atau kaos cotton combed:

  • Lembut dan Bernapas

Cotton combed memiliki kelembutan lebih tinggi dan kemampuan bernapas yang lebih baik dibandingkan katun biasa, karena tidak ada serat pendek atau kotoran yang tertinggal di kain.

Selain itu, cotton combed sering dipilih untuk kombinasi dengan bahan lain, seperti campuran poliester/katun, karena karakteristiknya yang lembut.

  • Lebih Tangguh daripada Katun Biasa

Selama proses penyisiran (combing) pada cotton combed, maka serat pendek akan dihilangkan. Proses ini akan membuat kain menjadi lebih kuat, karena hanya serat panjang yang dipintal bersama, menciptakan benang yang lebih padat dan tahan lama.

Perlu diketahui, serat pendek yang lemah telah dihilangkan melalui proses ini, sehingga kain lebih tahan terhadap kerusakan.

  • Nyaman di Musim Panas, Hangat di Musim Dingin

Mencari kain yang sesuai untuk segala cuaca bisa menjadi tantangan. Untuk itu, bahan katun dikenal karena kemampuannya bernapas di musim panas dan menahan panas saat musim dingin tiba.

Perlu diketahui, sifat katun adalah menyerap kelembaban sehingga dapat membantu mengatur suhu tubuh di berbagai kondisi cuaca.

  • Ideal untuk Semua Usia

Cotton combed, yang berasal dari serat alami tanaman katun, memiliki tekstur lembut yang cocok untuk kulit. Kelembutan ini membuatnya aman dan nyaman dipakai oleh anak-anak dan orang dewasa. Proses combing membantu memastikan bahan ini bebas dari kotoran, sehingga lebih lembut di kulit.

  • Perawatan yang Mudah

Cotton combed dikenal mudah dalam perawatannya dan warnanya tetap awet setelah dicuci berkali-kali. Walaupun katun cenderung menyusut, namun hal ini bisa dihindari dengan mencuci pakaian dalam air dingin atau suhu yang tepat.

Selain karakteristik bahan cotton combed, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!