Meski Sama-sama Populer di Dunia Kuliner, Kenali 6 Perbedaan Pasta dan Mi

YOGYAKARTA – Spaghetti termasuk salah satu pasta yang bentuknya silindris panjang. Pasta dan mi, sekilas sebelum dimasak terlihat sama. Tetapi kalau ditelisik secara spesifik, pasta dan mi memiliki perbedaan mendasar, mulai dari bahan pembuat, tekstur, cara memasak, hingga budaya asal masing-masing dari keduanya.

1. Bahan

Pasta jenis spaghetti dan mi, sekilas tampak sama. Tetapi mi jenis tertentu, potongannya tidak sehalus dan seseragam seperti pasta. Dilihat dari bahannya, pasta umumnya terbuat dari tepung gandum durum. Sedangkan mi, bahannya lebih bervariasi, ada yang dari terigu, ada pula yang berbahan tepung non gluten, seperti di Indonesia populer dengan mi singkong, atau di Yogyakarta dikenal dengan mi letheg. Mi juga bisa dibuat berbahan tepung biji-bijian, misalnya dari biji kacang hijau. Ada pula mi dari tepung beras hingga sorgum.

Ilustrasi perbedaan pasta dan mi di dunia kuliner (Freepik)

2. Tekstur

Pasta biasanya teksturnya lebih keras dan padat. Maka jarang sekali dimasak berkuah, lebih sering memakai saus atau krim keju. Sedangkan mi, lebih banyak dimasak berkuah atau dalam sup. Seperti ramen, soba, hingga mi rebus. Ini karena mi memiliki tekstur yang lentur tetapi lembut.

3. Bentuk

Pasta ada berbagai bentuk, termasuk silindris panjang seperti spaghetti, atau lembaran untuk lasagna, tabung seperti maccaroni, panjang dan lebar seperti fettucini, atau spiral seperti fusilli. Mi juga memiliki berbagai macam bentuk, termasuk untaian tebal, tipis, lembaran datar seperti kwetiau, dan pangsit.

Ilustrasi perbedaan pasta dan mi di dunia kuliner (Freepik)

4. Metode memasak

Pasta biasanya direbus dengan air garam ditambah butter hingga al dente. Sedangkan mi dapat direbus, ditumis, atau disajikan dalam sup.

5. Saus

Pasta sering disajikan dengan saus tomat atau krim. Bisa juga dengan minyak zaitun dengan bawang putih saja. Kalau mi, memakai bahan yang kompleks. Kerap memakai saus berbahan kedelai, kaldu, minyak bawang putih, dan ditumis dengan sayuran serta daging.

6. Budaya asal

Pasta merupakan bagian penting dari masakan Italia. Sedangkan mi, populer berasal dari negara-negara Asia. Meskipun pasta dan mi memiliki banyak kesamaan, tetapi di atas adalah perbedaan mendasar dari keduanya. Melansir Recipe&Food, Rabu, 25 September, pasta adalah mi dari Italia sedangkan mi dari Asia yang berbahan biji-bijian. Cara penyajiannya pun juga berbeda. Kalau dalam cuaca yang dingin, mi disajikan hangat meskipun ada pula mi dingin seperti soba.