KAI Commuter Imbau Layanan PIN Ibu Hamil Tidak Disalahgunakan

JAKARTA - KAI Commuter mengimbau agar layanan khusus yang diberikan kepada pengguna wanita yakni PIN Ibu Hamil, tidak disalahgunakan. Layanan tersebut mempermudah petugas dan penumpang lain untuk memberikan bantuan kepada pelanggan yang tepat.

Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus KAI Commuter berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna Commuter Line. Tidak hanya menyediakan kursi khusus untuk ibu hamil serta imbauan untuk memprioritaskan mereka untuk duduk.

Tetapi, sambung Joni, pengguna ibu hamil juga dapat memperoleh layanan khusus yaitu Layanan PIN Ibu Hamil. Layanan ini untuk mempermudah petugas memberikan bantuan kepada pelanggan yang tepat khususnya dalam masa kehamilan trimester pertama, yang secara fisik masih belum terlihat hamil.

Dengan layanan PIN Ibu Hamil ini, KAI Commuter memberikan prioritas dan pelayanan khusus selama berada di dalam perjalanan dan area stasiun.

“Karena itu KAI Commuter mengimbau agar PIN Ibu Hamil tidak disalahgunakan untuk kepentingan apa pun,” ujar Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus dalam keterangan resmi, Rabu, 25 September.

Cara Mendapat Pin Ibu Hamil

Joni bilang untuk menggunakan layanan ini pengguna terlebih dahulu harus mendaftar secara daring pada tautan http://bit.ly/30DZ20k untuk pengguna wilayah Jabodetabek dan tautan http://bit.ly/3rRIIGE untuk pengguna di wilayah Yogyakarta dan Solo.

Dalam pendaftaran tersebut, pengguna harus melampirkan dokumen-dokumen yang harus diunggah seperti foto pengguna, surat kehamilan dan Hari Perkiraan Lahir (HPL) dari Rumah Sakit atau Bidan serta mendaftarkan nomor KMT yang dimilikinya.

Joni juga menambahkan akan tercatat masa kedaluwarsa penggunaan PIN tersebut atau batas setelah HPL pendaftar yang tertera pada sisi belakang PIN Ibu Hamil Ini.

Lebih lanjut, Joni mengatakan petugas KAI Commuter juga akan mengirimkan email konfirmasi pada H+1 bulan HPL kepada pengguna yang sesuai dengan tanggal batas HPL untuk mengembalikan pin ibu hamil yang sudah diberikan.

“Jadi kami memberikan batas waktu selama satu bulan untuk mengembalikan pin tersebut," Joni menambahkan.

Joni mengatakan KAI Commuter juga mengajak pengguna Commuter Line untuk menjaga kenyamanan dan menghormati pengguna lainnya.

“Maka itu, kepada pengguna yang memiliki PIN Ibu Hamil dan telah melewati batas HPL untuk segera mengembalikan pin tersebut kepada petugas di stasiun,” ucapnya.