Santar Terdengar Dr. Tjokorda Ditunjuk Sebagai Jaksa Agung, Ini Profil Singkatnya

JAKARTA - Pemenang Pemilu 2024 Prabowo Subianto sedang serius menyusun komposisi kabinet. Berbagai pemberitaan media serta komentar politisi dan akademisi meramaikan bursa eligible persona yang akan duduk di kabinet. Salah satu jabatan penting dalam kabinet adalah Jaksa Agung.

Mahkamah Konstitusi (MK) dalam putusan Nomor 49/PUU-VIII/2010 menyatakan masa jabatan Jaksa Agung berakhir dengan berakhirnya masa jabatan presiden dalam satu periode bersama-sama masa jabatan anggota kabinet atau diberhentikan dalam masa jabatannya oleh presiden dalam periode yang bersangkutan.

Mendekati pelantikan presiden terpilih 2024, nama Dr Tjokorda Ngurah Agung Kusumayudha SH. MH. MSc mencuat sebagai sosok yang berpotensi menduduki kursi Jaksa Agung di Pemerintahan Prabowo Subianto - Gibran.

Putra daerah dari Pulau Dewata Bali itu dikabarkan menjadi Jaksa Agung menjadi krusial dengan memangkas jejaring pengurus parpol.

Sosok Dr. Tjokorda Ngurah Agung Kusumayudha SH. MH. MSc, merupakan Alumni Fakultas Hukum Universitas Airlangga Surabaya. Ia adalah suami dari Prof.Dr. Anna Mariana SH. MH. MBA. Dr. Tjokorda pernah menduduki berbagai jabatan seperti Direktur Tata Usaha Negara dan menjadi team Jaksa Kejaksaan Agung RI yang menangani Kasus BLBI terhadap 58 Bank yang dilikwidasi dan masuk pengawasan BPPN tahun 2001-2003.

Pernah bertugas di KPK tahun 2004-2006. Jaksa pada kejaksaan agung, pensiun tahun 2023,

Saat ini, Dr. Tjokorda menjabat sebagai Ketua Umum Dewan Rempah Kejayaan Indonesia dan Ketua Dewan Pembina Yayasan Bhakti Nusantara Lestari (BHARATA).