4.294 Personel Gabungan Dikerahkan Kawal Demo Hari Tani Nasional Hari Ini

JAKARTA - Sejumlah elemen masyarakat dari Partai Buruh dan Serikat Petani Indonesia (SPI) bakal menggelar aksi unjuk rasa terkait dengan peringatan Hari Tani Nasional (HTN) pada hari ini, Selasa 24 September. Terkait pengamanan, Polda Metro Jaya mengerahkan 4.294 personel gabungan.

"Pelibatan personel pengamanan sebanyak 4.294 personel," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan, Selasa, 24 September.

Dirincikan, ribuan personel gabungan itu terdiri dari 2.830 anggota Satgasda, 330 personel Satgasres, dan 1.134 personel BKO TNI, Mabes Polri, serta Pemerintah Daerah (Pemda).

Mereka akan ditempatkan di sekitaran MPR-DPR RI, Monumen Nasional (Monas) dan Kementerian ATR/BPN.

Sementara mengenai rekayasa arus lalu lintas, Ade menyampaikan penerapannya bersifat situasional melihat eskalasi di lokasi.

"Apabila jumlah massa dan eskalasi meningkat maka diadakan penutupan jalan. Apabila sebaliknya, lalin normal seperti biasa," sebut Ade.

Tak lupa, Ade juga mengimbau para massa aksi untuk tetap berpedokan pada regulasi dan aturan dalam menyampaikan pendapat. Sehingga, semua aspirasi akan tersampaikan tanpa adanya aksi pelanggaran hukum.

"Silahkan sampaikan aspirasi secara sejuk dan damai, tidak ada ujaran kebencian dan provokatif yang dapat mengganggu stabilitas kamtibmas," kata Ade.