Ridwan Kamil: Dua Tahun Pertama, Kita Akan Hijaukan Jalan-Jalan Jakarta

JAKARTA - Bakal Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil menyatakan penghijauan akan menjadi program yang akan dijalankan diawal kepemimpinannya jika menang dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Menurutnya, jalan-jalan di wilayah Jakarta yang akan menjadi fokus pertama dalam program penghijauan tersebut.

"Dua tahun pertama yang akan kami lakukan bapak dan ibu, kita akan menghijaukan seluruh jalan-jalan di Jakarta," ujar Ridwan Kamil dalam sambutannya di DPD Golkar Jakarta, Sabtu, 21 September.

Proses penanaman tumbuhan ataupun pohon, nantinya akan dibantu oleh para kader patai koalisi KIM Plus. Sehingga, realisainya akan semakin cepat.

Target penghijauan tak hanya jalan arteri tetapi sisi kiri dan kanan ruas tol dalam kota. Hal ini diyakini dapat mengurangi polusi udaha di Jakarta.

"Tidak boleh ada jalan median jalan tol apapun kita inovasikan, harus kiri kanan, tengahnya harus ada yang namanya tumbuhan dan pohon," sebutnya.

"Pohon yang kami pilih nanti oleh ilmunya Pak Suswono adalah pohon yang menyerap polusi," imbuh Ridwan Kamil.

Selain itu, lanjut pria yang kerap disapa Kang Emil itu juga berencana mewajibkan seluruh pemilik gedung bertingkat di Jakarta untuk memiliku taman di bagian atapnya.

"Bayangkan nanti ada peraturan gubernur yang mewajibkan semua gedung-gedung atap datar di Jakarta harus punya hutan kota kecil atau taman," kata Ridwan Kamil.