Chery Sebut Segera Mulai Ekspor Omoda 5 ke Vietnam

JAKARTA - Chery telah merakit berbagai model mobilnya di Indonesia termasuk Omoda 5 yang tidak hanya diperuntukan memenuhi kebutuhan pasar tanah air, melainkan juga untuk diekspor.

Hal tersebut diungkapkan oleh Head of Marketing PT CSI Mohamad Ilham Pratama. Ia mengatakan, Omoda 5 rakitan lokal Indonesia akan segera diekspor ke negara Vietnam mulai tahun ini.

"Rencananya akan mulai diekspor (Omoda 5) pada kuartal keempat 2024," katanya, saat ditemui di kawasan PIK 2 beberapa waktu lalu.

Namun pria yang akrab disapa Ilham ini tak menyebutkan berapa unit Omoda 5 yang diekspor ke negara tersebut. Hanya saja, ia mengungkapkan bahwa model yang dikirim merupakan setir kiri.

"Karena menyesuaikan regulasi di sana (Vietnam), dan memang salah satu negara ASEAN yang mengusung setir kiri," tambahnya.

Ilham mengatakan di Vietnam sendiri memang belum ada perakitan untuk model Omoda 5, dan market di negara tersebut juga tergolong cukup baik.

"Jadi nanti dari China itu rakit di sini (Indonesia) lalu dikirim ke Vietnam. Melihat dari segi marketnya juga cukup baik di Vietnam," paparnya.

Seperti diketahui, Omoda 5 memang sudah dirakit di Indonesia lebih tepatnya di fasilitas perakitan PT Handal Indonesia Motor (HIM) di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat. Perakitan mobil satu ini dimulai sejak Maret tahun 2023.