MotoGP Mandalika 2024 Tetap Digelar

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo, memastikan MotoGP 2024 di Mandalika tetap digelar.

Pernyataan itu menanggapi rumor yang sempat menyebut bahwa penyelenggaraan balapan motor kelas wahid tersebut terancam batal dihelat karena krisis dana, terutama hosting fee yang belum dibayarkan.

"Pastinya penyelenggaraan MotoGP (di Mandalika) tahun ini tidak akan diliputi masalah (batal)," kata Dito setelah mengikuti Sidang Komisi X DPR RI pada Selasa, 17 September 2024, siang WIB.

Angka hosting fee yang harus dibayarkan tuan rumah kepada Dorna Sport selaku pemegang hak siar adalah Rp231 miliar. Namun, angka itu belum lunas menjelang seri Mandalika dihelat.

Menpora mengatakan bahwa persoalan tersebut saat ini tengah berusaha diselesaikan dan sama sekali tidak akan menghambat penyelenggaraan acara balapan.

"Kemarin sudah rakor (rapat koordinasi) antara Kemenpora, InJourney, BUMN, dan Kemenkeu, ada Kemenparekraf juga, ini terkait hosting fee. Hal ini akan segera diputuskan," ujar dia.

Dorna Sport kabarnya bersedia menunda pembayaran hosting fee dari penyelenggara sampai tanggal 27 September 2024 atau dua hari sebelum puncak acara MotoGP Mandalika.

MotoGP Mandalika, yang merupakan seri ke-16 musim ini, rencananya akan berlangsung pada akhir bulan ini. Dalam jadwal saat ini, puncak balapan akan berlangsung pada Minggu, 29 September 2024.

Pada saat ini Jorge Martin masih memimpin puncak klasemen sementara. Pebalap asal Spanyol tersebut total mengoleksi 312 poin atau unggul tujuh poin atas juara bertahan asal Italia, Francesco Bagnaia, di posisi kedua.