Kelakar Menteri PUPR Ungkap Kepanjangan Nama Embung MBH di IKN yaitu Mochamad Basuki Hadimuljono

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membangun sejumlah infrastruktur dasar untuk menunjang kehidupan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Salah satunya ialah embung atau cekungan penampung air.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut, pihaknya telah membangun 22 embung di IKN. Ini termasuk Embung MBH yang terletak di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Namun ada yang unik dari embung ini. Menurut Basuki, Embung MBH ini sama dengan inisial namanya. Hal ini pun menjadi topik bercandaan yang dilontarkannya.

"Embung ini Embung MBH namanya. Artinya, Mochamad Basuki Hadimuljono," kelakar Basuki sembari tertawa, diiringi tawa para hadirin dalam kunjungannya ke Embung MBH, dikutip dari unggahan video Instagram @kemenpupr, Jumat, 13 September.

Basuki menilai, banyaknya embung di IKN membuat penamaannya menjadi sulit. Oleh karena itu, dia memberi nama dengan inisial huruf untuk mempermudah.

"Karena kami punya banyak tadi, A, B, C, D, E, susah. Jadi, saya kasih nama Embung MBH," ucapnya.

Adapun secara keseluruhan, Kementerian PUPR menargetkan akan membangun sebanyak 30 embung. Sedangkan saat ini, proyek embung yang telah diselesaikan mencapai 22 embung.

"Totalnya nanti menjadi 30 dan Presiden (Jokowi) mintanya menjadi 60 embung," katanya.

Lebih lanjut, Basuki menjelaskan, fungsi embung ini adalah untuk konservasi air. Embung MBH ini memiliki kapasitas 66.000 meter kubik dengan kedalaman 6 meter (m). Kawasan ini juga disertai jogging track sekitar 3 kilometer (km).

"Jadi, kalau pagi dipakai untuk jogging track ini merupakan spot yang mungkin paling baik. Karena di sana ada Istana Garuda dan Istana Negara serta kantor-kantor Kemenko," imbuhnya.