Jokowi Pamit dan Minta Maaf ke Warga Saat Kunjungi Pasar di Deli Serdang

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali berpamitan kepada masyarakat menjelang akhir masa jabatannya saat mengunjungi Pasar Delimas Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa 10 September.

"Saya hanya ingin pamit karena 1,5 bulan lagi saya tidak lagi menjabat sebagai presiden. Jadi, saya berpamitan kepada masyarakat," ujar Presiden dalam keterangan persnya seusai kunjungan tersebut, yang disaksikan melalui video di kanal YouTube Sekretariat Presiden dan dipantau di Jakarta.

Pada kesempatan itu, presiden juga meminta maaf jika selama masa kepemimpinannya ada kebijakan yang mungkin tidak menyenangkan masyarakat.

"Saya minta maaf kalau ada kebijakan yang mungkin tidak berkenan," ucap Presiden.

Sebelumnya, saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat kemarin, Presiden Jokowi juga menyempatkan diri untuk berpamitan dan meminta maaf kepada warga melalui megafon ketika berkunjung ke Pasar Soponyono.

Seusai berkeliling pasar untuk memantau harga bahan pokok bersama Ibu Negara Iriana, Presiden Jokowi tiba-tiba naik ke sebuah tangga di area luar pasar dan meminta megafon dari ajudannya.

"Bapak, ibu sekalian, assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh," ucap Presiden Jokowi menggunakan pelantang suara, yang disambut dengan riuh balasan dari warga yang berkumpul.

Presiden Jokowi mengucapkan selamat tinggal kepada masyarakat yang hadir. Masa jabatannya sebagai presiden Indonesia akan berakhir pada 20 Oktober 2024.