Saat Hubungan Romantis Terasa Hambar, Lakukan 7 Aktivitas Ini untuk Kembalikan Chemistry

JAKARTA - Masalah yang paling banyak ditemui dalam hubungan romantis yaitu perbedaan gagasan idealis dan tidak realistis tentang cinta. Dan saat kenyataan menghantam, orang-orang cenderung meragukan apakah masih ada cinta dalam hubungan. Namun, cinta tidak lain adalah dua orang yang berusaha keras membuat hubungan berjalan baik dan menjaga keharmonisan tetap terjalin. Sambil memprioritaskan hubungan di atas masalah yang dihadapi. 

Berikut ini beberapa kiat menyalakan kembali percikan cinta yang hilang dalam suatu hubungan. Kunci dari poin-poin berikut adalah rasa syukur, komunikasi, dan keintiman fisik yang sehat. Gulir ke bawah untuk mempelajari lebih lanjut, disadur dari Pinkvilla, Selasa, 10 September.

Ingat kembali cara memulai hubungan

Langkah pertama menyalakan kembali chemistry dalam suatu hubungan adalah merenungkan kembali awal mula hubungan terbentuk. Tanyakan kepada diri pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Di mana pertama kali kalian bertemu?
  • Bagaimana Anda mengungkapkan perasaan satu sama lain untuk pertama kalinya?
  • Apa 3 sifat yang membuat Anda tergila-gila pada pasangan?
  • Kapan pertama kali berhubungan intim secara fisik?

Jawab pertanyaan-pertanyaan ini dengan serius dan jujurlah pada diri sendiri. Jika memikirkan jawaban-jawaban ini langsung membuat Anda tersenyum, ketahuilah bahwa perasaan tertarik masih sangat kuat.

Oleh karena itu, cara bagus menghidupkan kembali romansa adalah dengan menyusuri jalan kenangan. Kunjungi tempat di mana Anda berdua pertama kali bertemu, berciuman pertama kali, mengatakan "Aku mencintaimu," merayakan ulang tahun pernikahan, atau sekadar tempat mengobrol yang sering dikunjungi. Penelitian juga menunjukkan bahwa nostalgia romantis sangat bagus untuk kesehatan mental dan membantu membina hubungan sehat.

Manfaatkan Perbedaan Anda dan Pasangan

Gagasan populer bahwa "yang berlawanan akan menarik" bermuara pada "hukum polaritas." Dalam psikologi, istilah tersebut berarti setiap sifat positif seseorang memiliki sisi negatif yang sama dan berlawanan. Ini berarti bahwa setiap kebiasaan atau sikap menjengkelkan yang dimiliki pasangan akan memiliki sisi baik di dalamnya. Untuk memanfaatkan hal ini demi kebaikan Anda dan menyalakan kembali api cinta lama, pikirkan tentang kualitas-kualitas dalam diri pasangan yang sangat berbeda dari Anda.

Misal, pasangan adalah seorang pengambil risiko dan dan Anda lebih suka segala sesuatunya aman dan teratur. Ini berarti bahwa setiap kali Anda merasa bosan, takut, atau tidak bersemangat, mereka dapat membantu Anda membuat keputusan yang meyakinkan dan membangkitkan petualangan dalam hidup Anda.

Lebih sering berciuman

Tidak seorang pun perlu memberi tahu Anda untuk lebih sering "mencium pasangan" jika Anda berada di tahap awal hubungan. Dan ketika hubungan masih baru dan hormon tidak stabil, mencium pasangan adalah hal yang paling mudah dilakukan.

Namun, pasangan yang telah lama bersama mungkin menyadari bahwa hubungan menjadi lebih platonis daripada penuh gairah. Jadi, untuk menghidupkan kembali perasaan tersebut dalam hubungan, mulailah dengan sering mencium pasangan.

Bersikap santai dalam hubungan

Bersikap terlalu serius secara keseluruhan dapat merampas kebahagiaan. Jika Anda membiarkan masalah eksternal menguasai, hal itu dapat memengaruhi dinamika hubungan secara serius dan mematikan chemistry.

Oleh karena itu, untuk menghidupkan kembali hubungan yang hambar, cobalah bersikap santai dan sedikit konyol. Miliki selera humor dan gunakan itu untuk melembutkan intensitas pertengkaran atau ketidaksetujuan yang Anda alami dengan pasangan. Cobalah merayu pasangan dengan kalimat-kalimat gombal dan cobalah merasa seperti remaja yang sedang jatuh cinta lagi — meskipun Anda merasa sudah terlalu tua untuk ini. Anda bahkan dapat menonton film komedi romantis bersama, makan es krim, atau melihat foto masa kecil masing-masing untuk menumbuhkan rasa hangat dengan pasangan.

Diskusikan Fantasi Romantis Anda

Terkadang, saat mulai memiliki keintiman fisik yang dapat diprediksi dengan seseorang, Anda kehilangan kontak dengan fantasi dan keinginan sendiri. Hal ini dapat membuat Anda kehilangan gairah seiring berjalannya waktu dan menganggap keintiman fisik tidak lagi menggairahkan.

Jadi, untuk membangkitkan kegembiraan dan menyalakan kembali api cinta lama, ada baiknya Anda menyelaraskan fantasi romantis sendiri dan membaginya dengan pasangan. Jika awalnya terasa canggung, Anda dapat memulai dengan berdiskusi santai tentang ide kencan yang sempurna dan akhirnya memunculkan ide tentang foreplay dan berhubungan seks.

Cobalah Aktivitas Baru yang Menyenangkan Bersama

Aktivitas di luar rutinitas Anda adalah cara bagus merasakan kegembiraan, dan saat Anda mencobanya bersama pasangan, aktivitas tersebut merupakan kesempatan memicu romansa. Anda dapat mencoba berbagai aktivitas seperti seni terapeutik, mengunjungi museum, bowling, kelas dansa, permainan papan, permainan luar ruangan, dan pijat pasangan untuk merasakan kegembiraan bersama pasangan.

Luangkan Waktu Khusus untuk Satu Sama Lain

Jika Anda telah tinggal bersama pasangan di bawah atap yang sama selama bertahun-tahun, hal ini mungkin tampak tidak relevan bagi Anda, tetapi sebenarnya tidak. Hanya melihat seseorang di dekat Anda sepanjang hari tidak sama dengan waktu yang berkualitas.

Menghabiskan waktu berkualitas berarti benar-benar menikmati momen bersama orang spesial dalam hidup dan menikmati setiap momen yang dihabiskan bersama. Anda dapat memilih untuk melakukan percakapan mendalam dan bermakna dengan pasangan, terlibat dalam aktivitas terapi, atau sekadar duduk dalam keheningan.